Angkasa Pura II Kick Off Survey Kepuasan Pelanggan Bandara

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 29/Jul/2023 10:22 WIB
Rapat Angkasa Pura II dan INACA Rapat Angkasa Pura II dan INACA


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menggandeng Indonesia National Air Carriers Association (INACA), PT Angkasa Pura II Kick Off Survey pelanggan bandara kelolaannya.

VP Operation & Services PT. Angkasa Pura (AP) II, I Ketut Ferry Utameyasa menyatakan, dalam dunia bisnis, indeks kepuasan pelanggan (customer satisfaction index/ CSI) dari suatu entitas bisnis sesungguhnya.

Baca Juga:
Hingga 30 Mei, 6 Bandara Angkasa Pura II Layani Keberangkatan 61.988 Jemaah Haji ke Tanah Suci

"Bukan hanya upaya untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan dari konsumen atau pelanggan bisnis tersebut. Namun CSI juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat kesehatan perusahaan," tuturnya, Jumat (28/7/2023). 

INACA dalam rangkaian kegiatan ini menurutnya, sebagai  tim surveyor dan observer.

Baca Juga:
ACI Apresiasi Komitmen Bandara Soekarno-Hatta Terhadap Aspek Keselamatan

Rapat secara virtual dihadiri perwakilan  dari INACA dipimpin Wakil Sekjen Capt. Dharmadi.

Secara umum, survey CSI bertujuan  mendorong peningkatan pelayanan AP II secara berkelanjutan melalui pengukuran kualitas pelayanan bandara yang dinyatakan oleh indeks kepuasan pelanggan dan indikator relevan lainnya.

Baca Juga:
Lewat Program APEX in Safety, ACI dan Bandara Soekarno-Hatta Tingkatkan Standar Keselamatan

"Survei akan dilaksanakan selama Agustus dengan metode onsite dan offsite (online)," kata Fery dikutip dari laman inaca.

Selanjutnya data yang didapat akan diolah serta disajikan hasilnya pada September 2023.

Adapun survei offsite (online) akan dilaksanakan di Bandara Husein Sastranegara Bandung, Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Radin Inten Lampung, Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Silangit, Depati Amir Pangkalpinang, Supadio Pontianak, Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, dan Sultan Thaha Jambi.

Sedangkan metode survei secara onsite akan digelar di Bandara Hanandjoeddin Tanjungpandan, Tjilik Riwut Palangkaraya, Minangkabau Padang, Banyuwangi, Fatmawati Soekarno Bengkulu, dan Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. 

"Terdapat lima kategori responden dalam survei yaitu dari penumpang, cockpit crew, station manager, konsesioner, dan pelanggan kargo," ujarnya.

Diuraikan dalam rapat tersebut, beberapa aspek dalam pengukuran pada survey.

Aspek pengukuran cockpit crew adalah pelayanan dan fasilitas pendaratan bandara. Aspek pengukuran station manager, konsesioner dan kargo meliputi pelayanan, petugas, dan fasilitas.

Aspek pengukuran CSI penumpang meliputi akses, pelayanan informasi bandara, pemeriksaan keamanan, pelayanan check in, imigrasi dan bea cukai, fasilitas terminal, fasilitas belanja, lingkungan, dan kedatangan. (omy)