Trigana Air Mulai Terbangi Rute Merauke-Kepi

  • Oleh : Naomy

Rabu, 13/Sep/2023 13:59 WIB
Penerbangan perdana Trigana Air Rute Merauke-Kepi Penerbangan perdana Trigana Air Rute Merauke-Kepi


MAPPI (BeritaTrans.com) - Maskapai penerbangan Trigana Air mulai terbangi rute Bandara Mopah Merauke - Kepi Kabupaten Mappi PP.

Penerbangan perdana tersebut dimulai  Senin (11/9/2023). 

Baca Juga:
Setelah Pesawat Ditembak KKB, Trigana Hentikan Penerbangan ke Dekai Papua

Setibanya di Bandara Kepi sekira pukul 13.05 WIT ditandai dengan penyemprotan air ke badan pesawat.

Tidak hanya itu Pemda Mappi bersama masyarakat turut menyambut dengan tarian adat bagi para Pilot, Co Pilot, kru dan pihak management Trigana Air Service saat tiba di Bandara Kepi.

Baca Juga:
Pesawat Trigana Air Ditembak KKB 9 Kali: 4 Saat Landing, 5 Take Off

Pesawat Trigana Air yang lepas landas dari bandara Mopah Merauke Senin siang turut ditumpangi Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar, Ketua DPRD Kabupaten Mappi Benediktus Paliling serta sejumlah penumpang lainnya.

Pj Bupati Mappi Michael Gomar mengatakan, ini menjadi sejarah bagi masyarakat Kabupaten Mappi. Di mana bisa mendapatkan pelayanan dari pesawat Trigana Air jenis ATR. 

Baca Juga:
Lion Air yang Tabrak Garbarata Bandara Mopah Merauke Bawa 117 Penumpang

"Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan setelah melewati proses yang cukup lama dan akhirnya membuahkan hasil yang baik," ujarnya.

Pelayanan penerbangan perdana dari meskapai Trigana Air pesawat jenis ATR ini bagi seluruh masyarakat Kabupaten Mappi. 

"Saya juga menyampaikan terima kasih kepada bapak mantan Bupati dan mantan wakil bupati Kabupaten Mappi, yang hari ini dihadiri oleh bapak mantan wakil bupati atas dedikasi kerja sama visi dan misi yang beliau dan para pejabat sebelumnya lakukan maka pada hari ini kita bisa nikmati layanan penerbangan perdana Trigana Air untuk melayani masyarakat Mappi," urainya.

Dikatakan Pj Bupati, terminal dan run way serta pengembangan bandara membutuhkan proses waktu dan dukungan tidak hanya dari APBD Kabupaten Mappi tetapi atas dukungan dari kementerian perhubungan sehingga terminal bisa dibangun dan run way bisa diperpanjang. 

Begitu juga dukungan dari masyarakat adat sehingga lahan bisa dilepas kepada Pemerintah Daerah untuk diselesaikan.

Pj Bupati menyebutkan, program kerja yang sudah dilaksanakan oleh pejabat- pejabat sebelumnya menjadi kebanggaan dan apresiasi bagi  pemerintah daerah. 

Karena atas jasa mereka hari ini kita bisa merasakan layanan penerbangan.
Tentu juga kita semua yang mana beberapa waktu yang lalu telah dilayani oleh Susi Air dan Smart Air dan hari ini kita mendapat tambahan pelayanan dari Trigana Air. 

"Untuk pihak Trigana Air mudah-mudahan kedepannya bisa ditambah lagi jadwal penerbangan dan rute penerbangan ke beberapa daerah lainnya dari Bandara Kepi," sebutnya.

Pj Bupati menuturkan, sebagaimana arahan dari bapak Gubernur PPS bahwa pengembangan bandara ini akan terus ditingkatkan mudah-mudahan di APBD Perubahan Provinsi Papua Selatan tahun ini melalui Dinas perhubungan yang rencananya akan melakukan pengembangan yakni perluasan area parkiran dan juga untuk penambahan Apron dan fasilitas lainnya. 

Sementara dari APBD Perubahan Kabupaten Mappi sendiri akan melakukan pengembangan antara lain peningkatan jalan, akses pintu masuk dan keluar dan juga fasilitas penerangan lainnya. 

Tentunya dengan pengembangan ini kita berharap dengan tersedianya fasilitas dan sarana dan prasarana yang sudah siap diresmikan, maka kita Pemkab Mappi akan menyurat secara resmi kepada Bapak Presiden.

"Mudah -mudahan beliau berkenan hadir untuk datang meresmikan," ucapnya. 

Dia menuturkan, dengan hadirnya Trigana Air tentunya memberikan layanan yang baik kepada masyarakat. 

"Tetapi juga kami sangat berharap penurunan harga tiket yang nantinya akan kita koordinasikan dengan dinas perhubungan Provinsi Papua Selatan," imbuh dia. 

Harga tiket ini tentunya sangat membantu masyarakat dengan pola subsidi yang nantinya akan dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan Provinsi Papua Selatan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan layanan harga tiket yang terjangkau.

Konektivitas udara saat ini melalui pelayanan Trigana Air, Smart Air dan Susi Air. Tetapi juga kita akan melihat konektifitas infrastruktur darat laut dan sungai sehingga akan membuka akses dan mobilisasi masyarakat demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Mappi akan semakin terbuka dengan baik sehingga harga barang akan terjangkau dan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Mappi. 

Pj Bupati juga meminta agar management Trigana Air Service dapat melakukan penjualan tiket pesawat dengan sistem online agar tidak terjadi hal -hal yang tidak diinginkan.

Di kesempatan yang sama, Pemilik Hak Ulayat di sekitar kawasan bandara Kepi, Yulianus Igimu menyampaikan terima kasih karena Meskapai Trigana Air bisa melayani penerbangan ke bandara Kepi.

"Terima kasih kepada pemerintah daerah, terimakasih kepada pemerintah provinsi papua selatan, yang kedua saya sampaikan kepada Pemerintah daerah dan Dinas Perhubungan tolong lihat kita punya anak -anak yang selesai sekolah. Kalau mereka lamar kerja tolong diterima," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Dewan Adat Kabupaten Mappi, Valentinus Y. Kamakaimu mengatakan, atas nama masyarakat adat pihaknya menyampaikan terima kasih kepada khususnya pemerintah daerah Mappi, Pemerintah Provinsi Papua Selatan dan juga kepada pemerintah pusat yang telah memberikan dukungan sehingga pesawat Trigana Air bisa melayani penerbangan ke Kabupaten Mappi.

"Atas nama masyarakat adat kami menyampaikan terima kasih kepada khususnya pemerintah daerah Mappi, Pemerintah Provinsi Papua Selatan dan juga kepada pemerintah pusat yang telah memberikan dukungan sehingga pesawat Trigana Air bisa melayani penerbangan ke Kabupaten Mappi," kata dia.

Dia menuturkan, selama ini pihaknya mengalami kesulitan dalam akses transportasi udara. Terima kasih juga atas upaya Pemda selama belasan tahun.

"Mudah-mudahan dengan hadirnya pesawat Trigana Air bisa melayani semua masyarakat kami. Kami minta kepada Pemda dan Pemerintah Provinsi agar rumah tunggu (Gedung terminal bandara) yang ada harus segera diresmikan sebelum masa berakhirnya bapak Presiden Joko Widodo. Karena selama ini tidak pernah hadir Kepala Negara di kabupaten Mappi. Kami berharap bapak Presiden bisa hadir dan meresmikan bandara dan terminal bandara. karena daerah ini aman tolong diprioritaskan," ucapnya.

Area Manager Trigana Air Papua, Irwan Rohendi mengatakan hari ini pesawat yang digunakan adalah pesawat jenis ATR - 42/500 dan untuk hari kamis depan akan dicoba dengan pesawat Dornier DO 328, di mana kapasitasnya tidak jauh beda dengan ATR-42/500. 

"Kita akan coba dengan schedule satu minggu tiga kali yakni Senin, Kamis dan Sabtu. Ini tidak menutup kemungkinan dalam dua minggu ke depan kita pelajari apakah kita bisa lakukan setiap hari atau tidak. Atas nama management Trigana Air kami menyampaikan terima kasih banyak kepada Pemda Mappi yang telah mempercayakan kami untuk melayani masyarakat Mappi," pungkasnya. (omy)