Tarif LRT Jabodebek Per Stasiun, Cek di Sini!

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 03/Okt/2023 04:13 WIB
LRT Jabodebek. LRT Jabodebek.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Operasional LRT Jabodebek sudah mulai diberlakukan tarif per Kilometer dan tarif maksimal Rp 20 ribu mulai 1 Oktober 2023.

Bagi pengguna yang ingin mengetahui tarif dan jarak antara stasiun, bisa menyimak uraian tabel yang dikeluarkan operator LRT Jabodebek mulai 2 Oktober 2023.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Hari Minggu 5 Mei 2024, Weekend Berlaku Tarif Promo

Dikutip dari akun Instagram @lrt_jabodebe tarif maksimal tersebut akan berlaku hingga akhir Februari 2023. Lalu kemudian akan berlaku tarif normal perkilometernya.

Inilah uraian tarif per jarak stasiun

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek untuk Sabtu 4 Mei 2024, Weekend Berlaku Tarif Promo Loh!

Sebelumnya, PT KAI memberlakukan tarif promo sebesar 78% yang diwujudkan dalam tarif flat sebesar Rp 5.000,- untuk seluruh lintas pelayanan LRT Jabodebek. Namun, promo kini sudah berakhir pada 30 September 2023 kemarin.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Jumat 3 Mei 2024, Tarif Promo Berlaku di Jam Ini!

Tarif LRT Jabodebek ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.  

Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp 5.000 untuk 1 km pertama, dan mengalami penambahan sebesar Rp 700 per Km selanjutnya.  

Masyarakat dapat menggunakan LRT Jabodebek dengan mudah melalui pembayaran nontunai seperti Kartu Uang Elektronik Perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, dan Bank DKI Jakarta), Kartu Multi Trip KAI Commuter, Scan Qris, Link Aja, dan KAI PAY. 

Waktu Perjalanan Operaional LRT Jabodebek

PT Kereta Api Indonesia terus menambah jadwal perjalanan LRT Jabodebek secara bertahap sejak diresmikan pada Agustus lalu. 

Masyarakat yang ingin berpergian dengan LRT Jabodebek harus mengetahui jadwal dan waktu tunggunya di stasiun terutama untuk setiap waktu di tiap harinya. 

Dikutip dari akun Instagram @lrt_jabodebek, jarak waktu kedatangan antar kereta menjadi lebih cepat, yaitu Jati Mulya - Cawang (PP), Harjamukti - Cawang (PP) dan relasi Cawang - Dukuh Atas (PP) menjadi 15 menit.

Berikut jadwal LRT Jabodebek pada 3 Oktober 2023:

Jadwal Keberangkatan Pertama
1. Relasi Jatimulya - Dukuh Atas : 05:00 WIB
2. Relasi Harjamukti - Dukuh Atas : 05:12 WIB
3. Relasi Dukuh Atas - Harjamukti : 05:12 WIB
4. Relasi Dukuh Atas - Jatimulya : 06:00 WIB

Jadwal Keberangkatan Terakhir
1. Relasi Jati Mulya - Dukuh Atas : 19.00 WIB
2. Relasi Harjamukti - Dukuh Atas : 19.57 WIB
3. Relasi Dukuh Atas - Jati Mulya : 19:58 WIB
4. Relasi Dukuh Atas - Harjamukti : 19:57 WIB

Dengan penyesuaian perjalanan ini, masyarakat agar kembali memperhatikan jadwal keberangkatan LRT Jabodebek. 

Vice President Public Relations KAI - Joni Martinus mengatakan bahwa seiring bertambahnya jumlah perjalanan, akan ada penyesuaian jadwal perjalanan. Dengan demikian, layanan LRT Jabodebek akan melayani masyarakat menjadi lebih malam dari jadwal sebelumnya.

Nantinya pada saat beroperasional penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB. (fhm)