Berpenumpang Guru, Bus Elf Terbakar Habis di Tol Cipularang

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 27/Des/2023 07:28 WIB
Kondisi microbus Elf Koni Kota Bekasi yang alami kebakaran di Ruas Jalan Tol Cipularang KM 85, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Selasa (26/12/2023). Kondisi microbus Elf Koni Kota Bekasi yang alami kebakaran di Ruas Jalan Tol Cipularang KM 85, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Selasa (26/12/2023).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sebuah minibus elf berpenumpang mengalami kebakaran saat berjalan di Jalan Tol Cipularang di KM 85 A arah Jakarta menuju Bandung, Selasa (26/12/2023).

Penumpang bus bernomor polisi W 7192 US tersebut terdiri dari belasan guru nyaris terpanggang hidup-hidup, namun akhirnya bisa keluar.

Semuanya selamat meski minibus hanya tersisa rangkanya saat kobaran api akhirnya bisa dipadamkan.

Minibus milik Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bekasi terbakar sekitar pukul 09.00 WIB.

Saat itu minibus sedang dalam perjalanan menuju Ciamis.

"Namun, ketika mulai melintas di tanjakan Tol Cipularang, mobil tiba-tiba enggak ada tenaganya," ujar Rudi (41), sopir minibus yang masih terlihat pucat saat ditemui di pool derek wilayah Jatiluhur, Purwakarta, kemarin.

Karena tak kuat menanjak, Rudi pun memutuskan menepikan minibusnya untuk melakukan pemeriksaan.

"Saat diperiksa itulah saya lihat ternyata ada api di bawah mesin. Saya coba siram pakai air, tapi api tak mau padam, bahkan terus membesar hingga ke kabin mobil," ujarnya.

Kondisi itu sontak membuat dia dan semua penumpang yang masih ada di mobil panik, terlebih pintu mobil juga mendadak macet, tak bisa dibuka. 

"Saking paniknya para penumpang terus berusaha keluar, bahkan melalui jendela mobil. Syukurlah setelah dipaksa, akhirnya pintu mobil berhasil dibuka," ujarnya.

Sebanyak 17 penumpang, dua di antaranya masih anak-anak akhirnya bisa keluar sebelum api menghanguskan menghanguskan mobil hingga nyaris tak ada yang tersisa kecuali rangka dan mesinnya yang gosong.

"Alhamdulillah semuanya selamat," kata Rudi.

Rombongan guru dari Kota Bekasi itu, ujar Rudi, sedianya akan ia antar ke Kabupaten Ciamis.

Tapi, karena minibusnya terbakar di Cipularang, perjalanan mereka terhambat.

"Sekarang mereka sudah melanjutkan perjalanan ke Ciamis pakai kendaraan lain," ujarnya.

Kanit PJR Tol Cipularang, Ipda I Made Ari mengatakan bangkai minibus itu sudah dievakuasi ke pool derek Jatiluhur.

"Api yang membakar mobil itu berhasil dipadamkan oleh Damkar Purwakarta yang datang ke lokasi kejadian tak lama setelah mendapat laporan. Proses pemadaman berlangsung sekitar 30 menit," ujarnya.

Akibat insiden ini kemacetan panjang sempat terjadi di Tol Cipularang.

Kendaraan mengular hingga sekitar lima kilometer, dan baru kembali normal menjelang tengah hari setelah minibus dievakuasi ke pool. (Fhm)