Operasional Kereta Bandung Raya Masih Sampai Stasiun Rancaekek Imbas Tubrukan Dua KA

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 06/Janu/2024 13:32 WIB
KA Cikurai melintasi jalur KA yang sempat alami tubrukan dua kereta di jalur Haurpugur-Cicalengka pada Sabtu pagi. Namun, pola operasi kereta lokal Bandung Raya hanya sampai Stasiun Rancaekek. KA Cikurai melintasi jalur KA yang sempat alami tubrukan dua kereta di jalur Haurpugur-Cicalengka pada Sabtu pagi. Namun, pola operasi kereta lokal Bandung Raya hanya sampai Stasiun Rancaekek.

BANDUNG (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan bahwa petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka sudah aman dan dapat dilewati kereta api dengan kecepatan terbatas 20 km per jam per pada Sabtu, (6/1) pukul 06.30 WIB. 

Normalisasi jalur rel juga masih terus dilakukan untuk keandalan perjalanan KA.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyatakan, meski sudah dapat dilewati KA, saat ini KAI Commuter bersama KAI Daop 2 Bandung masih melakukan rekayasa pola operasi perjalanan khusus Commuter Line Bandung Raya. 

"Pemberlakuan pola operasi tersebut masih dilakukan secara dinamis dengan melihat perkembangan di lintas," ujar Anne, Sabtu (6/1/2024).

Saat ini pelayanan perjalanan Commuter Line Bandung Raya masih hanya melayani naik turun pengguna dari Stasiun Padalarang sampai Stasiun Rancaekek, yang normalnya sampai Stasiun Cicalengka. 

Sementara itu, untuk Commuter Line Garut, perjalanannya hanya melayani dari Stasiun Purwakarta hingga Rancaekek.

Di Stasiun Cicalengka sendiri, jalur KA yang digunakan untuk proses perjalanan kembali Commuter line Bandung Raya untuk menuju Stasiun Padalarang masih terdapat KA material eks Kecelakaan Kereta Api (KKA). Sehingga pelayanan Commuter Line Bandung Raya belum bisa dilayani di stasiun ini. 

"KAI Commuter mohon maaf untuk pembatalan pelayanan dan keterlambatan perjalanan Commuter Line Bandung Raya yang ditemui dalam perjalanan, sehubungan dengan kondisi jalur yang masih dalam proses normalisasi," kata Anne. (Fhm)