BP3 Curug Gelar Diklat Pilot Drone Bagi Aparatur KKP

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 22/Mar/2024 12:30 WIB
Diklat BP3 Curug Diklat BP3 Curug


SUBANG (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Curug bekerjasama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyelenggarakan Pelatihan Remote Pilot Rating Sistem Pesawat Udara Kecil Tanpa Awak (SPUKTA) Angkatan XX. 

Pelatihan dilaksanakan di Subang, Jawa Barat 18-23 Maret 2024. 

Baca Juga:
BP3 Curug-BPPA Kementerian Kelautan dan Perikanan Kembali Jalin Kerja Sama Pelatihan SPUKTA

Capt. Ahmad Hariri,  menyampaikan bahwa SPUKTA atau yang lebih dikenal dengan sebutan drone saat ini banyak dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas masyarakat. 

Pengoperasiannya tidak lagi hanya pada lingkup wilayah kecil saja, namun mulai meluas dan dapat bersinggungan dengan operasi penerbangan sipil

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

Oleh karenanya dibutuhkan pemahaman yang komprehensif oleh para pilot drone dalam pengoperasianya,” ujar Capt. Hariri.

BP3 Curug mengapresiasi Balai Pendidkan dan Pelatihan Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan (Diklat Aparatur KKP) yang telah menjembatani terselenggaranya pelatihan bagi personel yang tugas kesehariannya memanfaatkan teknologi drone. 

Baca Juga:
BP3 Curug Bersama Baketrans Gelar Pelatihan Kompetensi Pilot Drone

“Semakin banyak operator drone yang tersertifikasi dan perangkat drone yang teregistrasi, pengoperasian drone akan semakin aman dan era pemanfaatan drone sebagai alat transportasi semakin nyata,” lanjutnya. 

Capt. Hariri berharap, pelatihan ini menjadi awal kerja sama yang lebih luas antara BP3 Curug dengan Balai Diklat Aparatur KKN. 

Peserta pelatihan SPUKTA Angkatan XX berjumlah 23 orang berasal dari pegawai di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, para peserta akan melaksanakan diklat selama enam hari dan memeroleh materi berupa teori serta praktik pengoperasian drone sesuai dengan peraturan yang berlaku. (omy)