BP3 Curug-BPPA Kementerian Kelautan dan Perikanan Kembali Jalin Kerja Sama Pelatihan SPUKTA

  • Oleh : Naomy

Rabu, 24/Apr/2024 09:42 WIB
Peserta pelatihan Spukta Peserta pelatihan Spukta

 

SUBANG (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Curug kembali jalin kerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

Kali ini dengan menyelenggarakan pelatihan Remote Pilot Rating Sistem Pesawat Udara Kecil Tanpa Awak (SPUKTA) Angkatan XXI pada 22-27 April 2024 di Balai Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan (BPPAKP), Subang, Jawa Barat.

Pembukaan pelatihan dihadiri dan dibuka PLT Kepala pusat pelatihan Kelautan dan Perikanan Dr. Lilly Aprilya Pregiwati. 

Baca Juga:
BP3 Curug Gelar Diklat Pilot Drone Bagi Aparatur KKP

Dia menyampaikan, pelatihan SPUKTA memberikan manfaat bagi personel di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). 

“Harapannya, setelah selesai diklat, peserta selain memiliki sertifikat sebagai legalitas untuk pekerjaan, sekaligus memiliki skill dan kemampuan untuk tujuan inspeksi dan monitoring pesisir laut,” jelasnya, Selasa (23/4/2024).

Baca Juga:
BP3 Curug Bersama Baketrans Gelar Pelatihan Kompetensi Pilot Drone

Peserta pelatihan SPUKTA Angkatan XXI merupakan pegawai di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, seperti Pangkalan PSDKP, Direktorat Pengawasan SDK, Stasiun Pengawasan SDK, Direktorat Pengawasan Sumber Daya Kelautan, dan sebagainya.

Pelatihan Remote Pilot Rating SPUKTA memberikan pengetahuan mengenai aturan-aturan penerbangan drone, sehingga aparatur KKP dapat menerbangkan drone sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pelatihan kali ini merupakan kerja sama kedua antara BP3 Curug dengan BPPA KKP. 

Sebelumnya, BP3 Curug dan BPPA KP juga menyelenggarakan pelatihan SPUKTA pada 18-23 Maret 2024.

Dalam pembukaan pelatihan, turut hadir pula Kepala Balai BDA R. Hernan Mahardika Ketua Tim Kerja Pembinaan dan Pengembangan pengawasan SDM Kelautan Rahmatia, dan Ketua Tim kerja Penyelengaraan pelatihan Suhana. (omy)