Puncak Arus Mudik, Airnav Layani 1.200 Penerbangan Sehari di Bandara Soekarno-Hatta

  • Oleh : Naomy

Senin, 08/Apr/2024 21:50 WIB
ATC Airnav Indonesia ATC Airnav Indonesia

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau BUMN yang lebih dikenal dengan AirNav Indonesia, mencatatkan Cabang JATSC Soekarno-Hatta telah melayani 1.258 per hari penerbangan pada periode H-4 Lebaran atau Sabtu (6/4/2024). 

“Kemarin, tepatnya Sabtu 6 April 2024 kami prediksi menjadi puncak arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta, kami mencatat telah melayani 1.258 penerbangan domestik dan internasional,” buka M. T Nurhuda General Manager AirNav Indonesia Cabang JATSC Soekarno-Hatta.

Baca Juga:
Dampak Erupsi Gunung Ruang, 2 Bandara Sudah Buka 5 Masih Ditutup Sementara

Ditambahkannya, melalui data yang telah dihimpun, telah terjadi kenaikan 8% di tahun 2024 ini jika dibandingkan tahun 2023 sebelumnya. 

Di mana jumlah penerbangan 1.258 untuk tahun 2024, dibandingkan 1.166 penerbangan untuk tahun 2023.

Baca Juga:
Bandara Kertajati Layani Angleb Setelah Operasi Penuh, Jumlah Penumpang di Puncak Mudik Tembus 2.386

“1.258 penerbangan ini mencakup flight regular, extra, military, cargo, charter, positioning dan repatriasi,” lanjutnya. 

Ditambahkannya bahwa destinasi perjalanan terbanyak dari Jakarta menuju ke Makassar, Surabaya, Denpasar, Kualanamu dan juga Semarang.

Baca Juga:
Bandara Kualanamu Siap Layani Angkutan Lebaran

Lebih lanjut Nurhuda menambahkan bahwa AirNav khususnya Cabang JATSC (Jakarta Air Traffic Service Center), menjamin keamanan, keteraturan dan keselamatan angkutan udara dalam periode mudik lebaran tahun 2024.

“Sesuai dengan yang diamanatkan Menteri Perhubungan, Direktur Jenderal Perhubungan Udara dan juga jajaran Direksi AirNav Indonesia, kami telah mempersiapkan sejumlah dukungan pelayanan navigasi penerbangan, yakni diantaranya kesiapan fleksibilitas SLOT penerbangan; kesiapan prosedur emergency dan tanggap darurat bencana; kesiapan Posko Angkutan Udara Periode Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024.

Selain itu pemantauan harian SDM melalui aplikasi serta pemeriksaan kesehatan; kesiapan data & informasi penerbangan; serta pemeriksaan harian kesiapan peralatan Navigasi Penerbangan. (omy)