Walau Kurang Kompetitif, Pelaut Filipina Pilihan Utama Perusahaan Pelayaran Eropa

  • Oleh :

Senin, 28/Okt/2019 05:52 WIB


BEKASI (BeritaTrans.com) - Pelaut Filipina tetap menjadi pilihan utama pemilik kapal Eropa. Meski demikian, mereka dinilai masih kurang kompetitif.Menurut Mia Morales, direktur pengembangan bisnis Dhle Shipmanagement Phils. Corp, perwakilan langsung Peter Dhle Schiffarts KG dari Jerman, prinsipal Eropa terus mendukung pelaut Filipina karena kesetiaan, ketahanan, dan kemampuan mereka untuk berkolaborasi dalam lingkungan yang penuh tekanan seperti kapal.

"Teknologi tidak pernah dapat menggantikan sifat-sifat berharga yang terkait dengan empati ini," kata Morales. "Karakteristik ini adalah inti dari mengapa mereka datang dan berinvestasi di negara kita meskipun berbagai tantangan dalam melakukan bisnis di sini."
seafererPara pemangku kepentingan maritim mengungkapkan dalam Konferensi Pelaut (Seacon) 2019 yang baru-baru ini disimpulkan bahwa mode pendidikan dan pelatihan yang ketinggalan zaman di sektor maritim membuat pelaut Filipina kurang kompetitif di era Revolusi Industri Keempat (4IR), periode yang ditandai dengan otomatisasi dan kecerdasan buatan.Mantan administrator Otoritas Industri Maritim (Marina) C / E Marcial Amaro menekankan bagaimana kompetensi tidak lagi cukup untuk tetap kompetitif dalam industri di mana keamanan kerja memerlukan kemahiran teknologi.Pelaut Filipina perlu terus memperbarui diri dengan perkembangan teknologi terbaru dan harus terbuka untuk berubah, kata Morales. Pemilik kapal dan manajer kapal selalu mencari alat terbaru yang dapat membantu elemen manusia kapal menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi. Namun, pelaut harus mau berkolaborasi dengan pemilik dan manajer kapal. Pelaut harus terbuka untuk berubah,"jelasnya.Dia menambahkan bahwa perubahan itu baik kecuali seseorang menolaknya, "maka Anda tertinggal. Itu adalah kenyataan di semua industri, tidak hanya dalam pengiriman, "katanya.Morales, di sisi lain, mengklarifikasi bahwa sementara 4IR telah terjadi dalam pengiriman, masih ada jalan panjang sebelum elemen manusia dikeluarkan dari lingkungan kapal. Dia menyatakan bahwa robotika, kecerdasan buatan, dan realitas virtual (VR) lebih terasa di bidang yang mendukung sektor pekerja seperti pelatihan dan manajemen data.Peralatan VR yang lebih kecil telah menggantikan simulator yang kami miliki saat ini dan manajemen data digunakan saat ini untuk memastikan bahwa pelaut kami didukung dalam hal pengembangan karir, pelatihan, dukungan fisik, dan kesehatan mental.Perhatian utama sekarang adalah meningkatkan keterampilan pelaut Filipina sehingga mereka dapat menyesuaikan dengan persyaratan teknologi revolusi, bukan untuk menghilangkannya dari kapal. Saat itulah reposisi karir telah terjadi di Filipina. Sejauh ini, ini berarti bahwa 4IR telah memberi lebih banyak peluang bagi pelaut kami - pilihan untuk tetap di pantai atau terus bekerja di atas kapal, katanya.(sumber: The Manila Times).