Istana Wajibkan Calon Menteri Tes Swab Sebelum Bertemu Presiden Jokowi

  • Oleh : Dirham

Selasa, 22/Des/2020 10:46 WIB
Suasana di halaman Istana Merdeka, Jakarta Suasana di halaman Istana Merdeka, Jakarta

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menyatakan, pihak Istana mewajibkan setiap calon menteri yang akan bertemu Presiden Joko Widodo dalam kaitan reshuffle kabinet, untuk menjalani tes usap atau swab test deteksi virus corona.

Langkah itu menurut Heru, sebagai antisipasi mencegah penyebaran Covid-19. Dia melanjutkan, calon menteri juga wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat bertemu Jokowi di Istana.

"Jika waktunya nanti diperkenalkan, maka tahapan prokesnya wajib swab, wajib menggunakan masker dan face shield," kata Heru, Selasa (22/12).

Heru menyampaikan, para calon menteri harus sudah dinyatakan negatif Covid-19 sebelum menjumpai Jokowi. Selama hasil tes belum keluar, mereka diminta untuk isolasi sementara waktu.

Namun begitu dia mengaku belum bisa memastikan kapan para calon menteri akan menghadap Jokowi. Heru juga tak bisa mengonfirmasi kabar bahwa Jokowi akan memperkenalkan menteri-menteri baru itu hari ini.

"Hari ini agenda rutin saja. Belum ada jadwal untuk calon menteri jika ada tentunya akan diberi tahu," tutur Heru lagi.

Sebelumnya, isu reshuffle kabinet berembus usai dua menteri dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap dalam kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster atau benur. Sementara Menteri Sosial Juliari Batubara diringkus dalam dugaan korupsi bantuan sosial masyarakat terdampak Covid-19. (ds/sumber CNNIndonesia.com)