Ibu Hamil dan Anak-Anak Diimbau Gunakan KRL Diluar Jam Sibuk

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 27/Jun/2021 20:34 WIB
Rangkaian KRL Commuterline.(Ist) Rangkaian KRL Commuterline.(Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Merebaknya angka kasus Covid-19 selama belakangan ini, KAI Commuter kembali mengingatkan dan mengimbau bagi pengguna KRL. Ada ketentuan khusus bagi calon penumpang yang dibolehkan menggunakan KRL. 

"KAI Commuter berharap di tengah meningkatnya kasus positif Covid-19 belakangan ini, masyarakat dapat beraktivitas dari rumah," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba pada keterangan resminya, Ahad (27/6/2021). 

Baca Juga:
Dukung Timnas Lawan Uzbekistan, KAI Commuter Gelar Nobar Bersama Penumpang KRL di Stasiun BNI City

Jika masih harus keluar rumah dan menggunakan transportasi publik, gunakan masker ganda dengan salah satunya adalah masker medis sesuai anjuran para dokter. 

Seluruh aturan tambahan di dalam KRL selama masa pandemi juga tetap diberlakukan oleh KAI Commuter, antara lain larangan balita menggunakan KRL dan larangan untuk berbicara secara langsung maupun melalui sambungan telepon selama berada di dalam kereta. 

Baca Juga:
Penumpang KRL Meningkat di Hari Kerja, KAI Commuter Ajak Jaga Keselamatan

Sedangkan untuk pengguna KRL yang memasuki usia lanjut, hanya boleh menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu mulai pukul 10.00 WIB - 14.00 WIB. 

"KAI Commuter juga menghimbau bagi para ibu hamil dan anak-anak usia di atas lima tahun yang akan menggunakan KRL untuk bisa menyesuaikan waktu dalam menggunakan KRL yaitu diluar jam sibuk, hal tersebut sebagai upaya mengurangi resiko penularan Covid-19," tulis Anne. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Selain itu, sebagai antisipasi kepadatan baik di stasiun-stasiun transit maupun di dalam KRL, KAI Commuter juga tetap menjalankan 12 KA feeder setiap harinya dengan relasi Manggarai-Duri pp yang menghubungkan tiga stasiun transit dengan volume tinggi, yaitu Stasiun Manggarai, Tanah Abang, dan Stasiun Duri. 

KAI Commuter berharap, dengan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus Cocid-19 yang dilakukan semua ini dapat menekan angka penyebaran virus di transportasi publik dan menjamin kesehatan seluruh pengguna KRl dan para petugas di lapangan yang setiap hari melayani para pengguna KRL. 

Dinyatakan Anne, KAI Commuter tetap bekomitmen selama masa pandemi ini untuk selalu menciptakan transportasi KRL yang aman, nyaman dan sehat untuk seluruh para pengguna dan petugas KAI Commuter sendiri. 

KRL hadir sebagai layanan transportasi bagi masyarakat yang harus masih melakukan aktivistas dengan menggunakan transportasi KRL. 

"Penerapan protokol kesehatan secara ketat dan pengadaan fasilitas pendukung protokol kesehatan di area stasiun juga telah dilakukan oleh KAI Commuter," tulis Anne. 

Salah satu upaya menciptakan transportasi KRL yang aman, nyaman dan sehat, KAI Commuter melakukan tes acak antigen kepada calon pengguna KRL selama tujuh hari mulai Senin – Ahad ini (21-27/6/2021). (fahmi)