WHO Peringatkan Munculnya Varian Baru Corona Lebih Ganas

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 16/Jul/2021 13:44 WIB
Pemakaman di TPU Pedurenan Bekasi. (Foto: BeritaTrans.com/Aksi.id) Pemakaman di TPU Pedurenan Bekasi. (Foto: BeritaTrans.com/Aksi.id)

JAKARTA (Aksi.id) - Komite Darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan seluruh dunia akan adanya kemungkinan munculnya varian virus corona penyebab Covid-19 baru yang lebih berbahaya.

Ketua Komite Didier Houssin mengemukakan varian baru tersebut diperkirakan akan menyebar ke berbagai belahan dunia. Seluruh negara di dunia pun disebutkan akan lebih sulit menghalau pandemi.

Baca Juga:
Virus Corona Terus Bermutasi, Kini Varian Baru B1427 Dianggap Lebih Liar di Amerika Serikat

"Pandemi belum selesai. Tren baru-baru ini mengkhawatirkan. Satu setengah tahun setelah WHO pertama kali mendeklarasikan apa yang disebut Public Health Emergency of International, kami masih mengejar virus ini dan virus masih menyebar setelahnya," kata Houssin.

Hingga saat ini, memang sudah ada empat varian Covid-19 yang cukup mendominasi secara global. Mulai dari Alpha, Beta, Gamma, dan varian yang disebut-sebut menular lebih cepat bernama Delta.

Meski demikian, komite tetap memperingatkan bahwa varian yang lebih buruk bisa saja terjadi di masa depan. Bahkan, diperkirakan varian baru ini akan jauh lebih berbahaya dan sulit dikendalikan.

"Kemungkinan kuat kemunculan penyebaran darurat secara global varian baru yang kemungkinan lebih berbahaya dan mungkin lebih sulit dikendalikan," jelasnya.

Terlepas dari itu, WHO tetap tak menjelaskan secara spesifik mengenai hasil penelitian mereka tentang varian yang dimaksud. (ds/sumber CNBC News Indonesia)