Gerai UMKM Premium Hadir di Bandara Syamsudin Noor

  • Oleh : Naomy

Rabu, 18/Agu/2021 18:49 WIB
Area UMKM Premium Bandara Syamsuddin Noor, Banjarmasin Area UMKM Premium Bandara Syamsuddin Noor, Banjarmasin


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Gerai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Premium dihadirkan PT Angkasa Pura I di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Gerai UMKM Premium Bandara Syamsudin Noor ini menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, merupakan hasil kerja sama antara Angkasa Pura I, melalui salah satu anak perusahaan Angkasa Pura Retail, dengan Dinas Koperasi & UKM Provinsi Kalsel dan Sarinah.

Baca Juga:
Top, Bandara Radin Inten II Raih Sertifikat Penerapan Standar Minimum Pengamanan Pengelola Objek Vital & Transportasi

Gerai UMKM Premium ini telah beroperasi sejak 14 Agustus 2021 lalu yang ditandai dengan kegiatan soft opening dan dihadiri General Manager Bandara Syamsudin Noor Amiruddin Florensius, Kepala Dinas Koperasi & UKM Provinsi Kalimantan Selatan, perwakilan Sarinah, dan Angkasa Pura Retail.

"Hadirnya Gerai UMKM Premium di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura I untuk turut berkontribusi terhadap pengembangan pelaku UMKM, yang dilakukan melalui sinergi dan kolaborasi dengan para stakeholder terkait. Kami berterima kasih kepada Dinas Koperasi & UKM Provinsi Kalimantan Selatan dan Sarinah sehingga Gerai UMKM Premium ini dapat terwujud. Kerja sama ini turut mendukung program Galeri UMKM di bandara-bandara Angkasa Pura I," urainya.

Baca Juga:
InJourney Airports Sambut Positif Penetapan Baru Bandara Internasional

Melalui Galeri UMKM di bandara ini, para UMKM yang berada di wilayah bandara Angkasa Pura I memiliki kesempatan untuk memanfaatkan galeri tersebut sehingga meningkatkan peluang produk-produk mereka dapat diperkenalkan dan dipasarkan ke penumpang pesawat.

Gerai UMKM Premium seluas 232 meter persegi ini menampilkan 58 UKM yang telah dikurasi pihak Sarinah dan Angkasa Pura Retail dari total 75 UKM binaan Dinas Koperasi & UKM Provinsi Kalimantan Selatan yang mendaftar. 

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 35,3 Juta Pergerakan Penumpang Selama Triwulan I

Produk-produk yang tersedia beragam, mulai dari kain sasirangan khas Kalsel, kerajinan, perhiasan/permata, hingga aneka olahan makanan khas seperti kopi dan sambal acan.

Dengan hadirnya Gerai UMKM Premium ini, para penumpang dapat lebih mudah ketika memilih buah tangan khas Kalsel, karena dari sisi kualitas produk, pengemasan, maupun komposisi sudah sesuai standar nasional yang diterapkan. 

"Diharapkan kehadiran Gerai UMKM Premium di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ini dapat berkontribusi terhadap kemajuan UMKM Kalsel dan layanan yang lebih baik untuk kenyamanan para pengguna jasa," ujarnya.

Gerai UMKM Premium di Bandara Syamsuddin Norr Banjarmasin ini menambah galeri-galeri UMKM yang ada di bandara kelolaan Angkasa Pura I lainnya. 

Beberapa galeri UMKM bandara Angkasa Pura I yang cukup besar terdapat di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo dan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. 

"Angkasa Pura I berupaya meningkatkan kelas produk-produk UMKM lokal dengan melibatkan para pelaku UMKM di galeri-galeri UMKM yang disediakan di bandara," imbuh dia. 

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan peluang produk-produk mereka dapat diperkenalkan dan dipasarkan ke penumpang pesawat, baik domestik maupun internasional. 

"Salah satunya Galeri UMKM di YIA bernama Pasar Kotagede yang juga merupakan area khusus UMKM terbesar di Indonesia. Pasar Kotagede di YIA melibatkan tidak hanya pelaku UMKM di Yogyakarta, tapi juga Magelang, Purworejo, Klaten, dan daerah lain di Jawa Tengah," ujar Faik. (omy)