Stasiun Kereta Api Jatibarang Indramayu Makin Cantik

  • Oleh : Taryani

Senin, 04/Okt/2021 07:18 WIB
Salah satu rangkaian kereta api melewati Stasiun Kereta Api Jatibarang, Minggu (3/10/2021) pagi. (Taryani) Salah satu rangkaian kereta api melewati Stasiun Kereta Api Jatibarang, Minggu (3/10/2021) pagi. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Setelah selesai dibenahi kini kondisi Stasiun Kereta Api Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jabar terlihat lebih tertib, indah dan bersih.  

Para penumpang kereta api menyambut lega upaya renovasi stasiun kereta api yang menjadi kebanggaan sejak dahulu ini.

Halaman  parkir kendaraan dahulu sempit dan berdesak-desakan dengan pedagang sayuran kini sudah terpisah. Menempati lahan parkir yang cukup luas dan bersih. Bangunan-bangunan di sepanjang jalan masuk menuju stasiun pun telah ditertibkan.

Padahal dahulu jalan menuju stasiun itu kumuh. Jika hujan becek penuh lumpur dan sering banjir. Jika panas berdebu. Kini keadaannya sudah benar-benar rapi.

“Saya kaget setelah melihat penampilan stasiun Jatibarang sekarang yang sudah sebagus ini. Wah enak lho,” ujar Karsiwan, 63.

Lelaki  yang jenggotnya sudah memutih ini awalnya tidak mengira jika kondisi stasiun Jatibarang sudah berubah total menjadi lebih bersih, rapih dan indah.

“Sudah 3 tahun terakhir sejak pensiun mengajar baru ke stasiun Jatibarang lagi menjemput keponakan dari Yogyakarta,” ujarnya.

Calon pengguna jasa kereta api lainnya,  Sara (23) menyarankan untuk lebih mempercantik stasiun diharapkan  di sekitar sudut-sudut  stasiun yang kosong diisi pot bunga.

“Dengan adanya pot-pot bunga ini tentunya akan makin tambah cantik deh,” ujar wanita yang akan menuju ke Jakarta ini.

Pemantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id,  Minggu (3/10/2021), pembenahan Stasiun Kereta Api Jatibarang tidak hanya menyasar pada perluasan halaman parkir yang sekarang mampu menampung puluhan mobil dan ratusan sepeda motor.

Pembenahan juga dilakukan terhadap bangunan utama stasiun yang selama ini dipergunakan untuk perkantoran dan ruang kerja kepala stasiun.

Termasuk ruang tunggu penumpang dan  kantin  yang sekarang keadaannya  tampak  lebih nyaman.

Toilet atau sanitasi juga saat ini lebih bersih dan elegan. Dan yang paling mengejutkan Stasiun Kereta Api Jatibarang ini sudah bersih dan tak terlihat lagi sampah berserakan.

Bahkan aktivitas pedagang asongan ataupun warga sekitar yang biasanya terlihat lalu-lalang menyeberangi rel hendak menuju ke pasar Jatibarang lewat pintu stasiun sudah tak tampak.

Dahulu saat Pasar Daerah Jatibarang sebelum dipindah ke lokasi lain sampah-sampah pasar  berserakan dan terkesan kumuh.

Halaman parkir stasiun digunakan parkir mobil para pedagang. Dampaknya penumpang kereta api yang membawa mobil kesulitan parkir di stasiun.

Kini keadaan itu telah berubah 100 persen. Para pengguna jasa kereta api yang akan menuju ke Jakarta atau kota-kota di Jateng, Yogyakarta dan Jatim bisa merasakan nyaman tatkala berada di Stasiun Kereta Api Jatibarang.

Stasiun Kereta Api Jatibarang merupakan stasiun kereta api besar. Stasiun ini seringkali dipergunakan pejabat negara tatkala melakukan kunjungan ke Indramayu.

Sejumlah menteri dan pejabat eselon I kementerian  sering menggunakan transportasi kereta api melalui stasiun ini jika menuju ke Indramayu.

Setelah membenahi Stasiun Kereta Api Jatibarang, Direksi PT KAI ditantang untuk membenahi sejumlah stasiun lainnya.

Misalnya  Stasiun Kereta Api Haurgeulis yang saat ini kondisinya terkesan  sempit. Lahan parkir di depan stasiun hanya menampung beberapa mobil saja.

Padahal tanah milik PT KAI di sekitar Stasiun Kereta Api Haurgeulis itu cukup luas. (Taryani)