1.000 PKL dan Warung di Kota Tegal Terima Bantuan Uang Tunai dari Kodim 0712/Tegal

  • Oleh : Taryani

Kamis, 21/Okt/2021 16:12 WIB
Penyerahan bantuan 1.000 orang pedagang kaki lima dan warung di Kota Tegal. (Ist.) Penyerahan bantuan 1.000 orang pedagang kaki lima dan warung di Kota Tegal. (Ist.)

KOTA TEGAL (BeritaTrans.com)  – Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono mengapresiasi penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) kepada 1.000 penerima oleh TNI melalui Kodim 0712/Tegal.

Kali ini pelaksanaan BTPKLW dengan uang tunai sejumlah Rp. 1,2 Juta berlangsung di  Kecamatan Tegal Selatan dengan sasaran 175 penerima manfaat. Untuk 3 Kecamatan lainnya  di Kota Tegal akan dilaksanakan menyusul.

“Saya sangat mengapresiasi program TNI ini karena bagaimanapun Covid-19 adalah bencana kemanusiaan yang melanda hampir di seluruh belahan dunia termasuk di Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan, sebagaimana dimaklumi bersama di setiap bencana yang terjadi di Tanah Air, TNI selalu bergerak cepat dan selalu berada di garda terdepan. TNI selalu hadir di tengah masyarakat.  

Hal tersebut terlihat saat dilaksanakan Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW), Senin (18/10/2021) di Makodim 0712/Tegal.

Wali Kota menjelaskan penyaluran yang dilaksanakan oleh TNI masih dalam konteks hadir dan peduli terhadap permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

“Apa yang dilakukan saat ini tentu masih dalam konteks hadir dan peduli terhadap permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat,” katanya.

Dengan harapan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah dan TNI dapat membantu meringankan beban masyarakat khususnya PKL yang mengalami masa sulit akibat pandemi Covid-19.

Wali Kota juga menyampaikan kabar gembira saat ini Kota Tegal telah naik level menjadi level 1. Artinya kondisi di Kota Tegal telah berangsur membaik.

Saat ini capaian vaksinasi di Kota Tegal telah mencapai 99% untuk dosis 1 dan 98% untuk dosis 2. Akan tetapi Wali Kota meminta semua pihak tidak boleh lengah.

Karena orang-orang yang melakukan aktivitas di Kota Tegal bukan hanya penduduk Kota Tegal saja  tetapi juga masyarakat dari daerah sekitar.

“Oleh karenanya kepada ibu/bapak pedagang kaki lima dan warung saya berpesan tetaplah waspada dan patuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Selalu mengenakan masker dan utamakan jual makanan secara take away atau tidak makan di tempat. Rajin-rajinlah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta selalu menjaga higienitas tempat jualan.

Komandan Kodim 0712/Tegal, Letnan Kolonel Inf. Charlie Clay Lorando Sondakh menyampaikan, pendataan penerima bantuan adalah pada saat Kota Tegal berada di level 4 saat diterapkan PPKM dengan sasaran untuk pemulihan ekonomi.

Sasaran  BPTKLW-TNI antara lain membantu pemulihan ekonomi nasional, membantu para pedagang kaki lima dan warung untuk tetap dapat melaksanakan usahanya, menjaga stabilitas ekonomi nasional dan terwujudnya kembali kehidupan yang normal setelah pandemi Covid-19.

Cahrlie menambahkan penyaluran bantuan ini juga sesuai dengan perintah Presiden RI. Presiden memerintahkan Aparatur Sipil Negara yang merupakan bagian dari pemerintah beserta seluruh jajaran pemerintah untuk mempercepat realisasi anggaran semua program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Selain itu mengambil langkah-langkah yang tidak biasa dengan tetap memperhatikan tata kelola yang baik dalam rangka percepatan program pemulihan ekonomi. (tr)