Sempat Menghilang, Kapal Pesiar Mewah Milik Jack Ma Berlabuh di Spanyol

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 28/Okt/2021 21:27 WIB
Sempat Menghilang, Kapal Pesiar Mewah Milik Jack Ma Berlabuh di Spanyol. Foto: idxchannel.com. Sempat Menghilang, Kapal Pesiar Mewah Milik Jack Ma Berlabuh di Spanyol. Foto: idxchannel.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Saat ini, dunia sedang mengamati liburan Jack Ma dengan kapal superyacht-nya di Spanyol. 

Salah satu pendiri Alibaba melakukan perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak raksasa e-commerce itu berada di bawah tindakan keras peraturan di China.

Melansir Vice, miliarder itu dilaporkan tiba di Spanyol dengan jet pribadi selama akhir pekan dan naik kapal pesiar mewahnya sendiri, Zen, untuk berlayar di dekat pulau Mallorca di Spanyol, tempat ia bermain golf dan mengunjungi toko-toko. 

Kapal Zen kepunyaan Jack Ma yang wujudnya tampak futuristik, terdiri dari lima tingkat setinggi 88 meter. Ia bisa mengakomodasi sampai 16 tamu dan 25 kru. Kapal ini baru dibuat, dibangun di Belanda dan baru selesai pada bulan April ssilam.

Liburan miliarder itu mendapat sorotan tajam setelah bisnisnya bertabrakan dengan pemerintah China, memicu spekulasi tentang nasibnya di tengah pengetatan kendali Beijing atas sektor teknologi. 

Penawaran umum perdana senilai USD37 miliar dari afiliasi Alibaba, Ant Group, dihentikan oleh regulator pada November tahun lalu. Alibaba ditampar dengan rekor denda antimonopoli senilai USD2,8 miliar.

Seorang aktris terkenal dengan urusan bisnis dengan Alibaba secara misterius terhapus dari internet. Ketua partai di kota asal Alibaba ditempatkan di bawah penyelidikan anti-korupsi, meskipun Grup Ant membantah ada kaitan dengan IPO yang gagal. 

Sebelum tiba di Spanyol, Jack Ma berada di Hong Kong untuk menghabiskan quality time bersama keluarganya. Jack Ma pensiun sebagai ketua Alibaba pada 2019 tetapi terus menjabat sebagai wajah publik raksasa teknologi itu. (dn/sumber: idxchannel.com)