Presiden Jokowi di Hari Pahlawan: Ujian Zaman Tak Berkurang, Tapi Bangsa Ini Semakin Kokoh

  • Oleh : Dirham

Rabu, 10/Nov/2021 10:01 WIB
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma`ruf Amin menuju ke pemakaman pahlawan untuk menaburkan bunga.  Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma`ruf Amin menuju ke pemakaman pahlawan untuk menaburkan bunga. 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Hari Pahlawan yang diperingati tiap 10 November.

Dia menuturkan, bangsa Indonesia semakin kokoh seperti karang, meski ujian zaman tak berkurang. Menurut dia, krisis, resesi, dan pandemi dapat dilalui bangsa Indonesia berkat para pejuang.

Baca Juga:
Wapres Ma`ruf Amin Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Jokowi pun menyebut para pejuang selalu hadir di saat Indonesia membutuhkan.

"Ujian zaman tak berkurang, tapi bangsa ini semakin kokoh bagaikan karang," kata Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Rabu (10/11/2021).

"Krisis, resesi, dan pandemi akan dapat kita lalui berkat para pejuang yang selalu hadir di semua palagan pengabdian saat dibutuhkan," sambungnya.

Pimpin Upacara di Kalibata

Sebelumnya, Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Rabu pagi. Jokowi tampak didampingi Wapres Ma'ruf Amin.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga meletakkan karangan bunga sebagai tanda penghormatan kepada arwah pahlawan. Jokowi serta Ma'ruf turut melakukan prosesi tabur bunga di sejumlah makam pahlawan yang ada di TMP Kalibata.

Setelah upacara, Jokowi akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Pemberian gelar pahlawan ini akan digelar di Istana Negara Jakarta.

Berikut empat tokoh yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional tahun 2021:

1. Tombolatutu dari Sulawesi Tengah

2. Sultan Aji Muhammad Idris dari Kalimantan Timur

3. Sutradara Film Aji Usmar Ismail dari DKI Jakarta.

4. Raden Aria Wangsakara dari Banten.

(ds/sumber Liputan6.com)
 

Tags :