Masuk Stasiun Bekasi Dialihkan ke Gedung Baru, Banyak Penumpang Masih Bingung

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 21/Nov/2021 10:08 WIB
Jalur 1, 2 dan 3 di Stasiun Bekasi ditutup dan operasinal naik turun penumpang dialihkan dibangunan baru sejak Ahad (21/11/2021). Jalur 1, 2 dan 3 di Stasiun Bekasi ditutup dan operasinal naik turun penumpang dialihkan dibangunan baru sejak Ahad (21/11/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Penumpang kereta banyak yang masih bingung dengan jalur masuk baru di Stasiun Bekasi. 

Mulai hari ini, Ahad (21/11/2021) KAI mulai mengaktifkan bangunan baru Stasiun Bekasi, dan menonaktifkan jalur 1, 2, dan 3 di area Bangunan Lama Stasiun Bekasi. 

Baca Juga:
Lebih 63 Ribu Penumpang Gunakan KA dari Daop 5 Purwokerto pada Periode Long Weekend Kenaikan Isa Almasih

Amatan BeritaTrans.com dan Aksi.id banyak penumpang yang masuk dari arah jalan perjuangan masih mencoba masuk ke bangunan lama, padahal di jalur masuk tepatnya di area parkir, sudah dilakukan penutupan dengan tali dan rantai. Sedangkan penumpang dari arah selatan dapat langsung masuk menuju gedung baru ke lantai 2. 

Penumpang yang salah masuk ke bangunan lama, akhirnya kembali lagi diarahkan petugas untuk menuju bangunan baru yang ada di jalan Juanda atau selatan stasiun. 

Baca Juga:
Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus Usai, KAI Ketambahan 100 Ribu Lebih Penumpang

Penumpang yang salah masuk menurut amatan wartawan tidak sedikit juga penumpang KRL maupun penumpang kereta jarak jauh. 

Baca Juga:
Usai Libur Panjang, KAI Commuter Layani 500 Ribu Penumpang pada Awal Pekan Ini

Sebagai bagian dari proyek pekerjaan Double Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Banten (BTPWJB) Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mulai memindahkan jalur masuk dan keluar penumpang, baik pengguna KRL maupun pengguna kereta jarak jauh. 

"Langkah ini merupakan tahapan dalam revitalisasi Stasiun Bekasi," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dikutip Ahad. 

Saat ini pelayanan dan operasional kereta di stasiun tersebut dilayani di jalur 4, 5, 6, dan 7. 

Selama revitalisasi, sisi utara Stasiun Bekasi (Jl. Perjuangan), pengguna KRL dapat keluar/masuk dengan memanfaatkan akses masuk sementara dari sisi utara, selanjutnya menuju lantai 2 gedung baru stasiun yang terletak di sisi selatan untuk melakukan tap di gate elektronik. 

Dari selatan stasiun, penumpang KRL masuk atau keluar dapat langsung menuju lantai 2 gedung baru stasiun untuk melakukan tap di gate elektronik dan selanjutnya turun menuju peron. 

Setelah melakukan tap di gate elektronik, pengguna dapat turun menuju peron sesuai tujuan keretanya. Stasiun ini memberangkatkan KRL arah JakartaKota/Manggarai dan Stasiun Cikarang. 

Stasiun Bekasi merupakan salah satu stasiun tersibuk di wilayah operasional KRL dengan rata-rata pengguna sebanyak 12.166 orang per hari dan melayani 197 perjalanan KRL per hari. Stasiun ini melayani KRL tujuan Jakarta Kota dan Cikarang serta kereta pemberhentian sejumlah kereta antar kota. (Fhm)