Bus ALS Dikemudikan Sopir Profesional Melaju Dengan Mantap di Jalan Pantura Weru Cirebon

  • Oleh : Taryani

Senin, 29/Nov/2021 08:18 WIB
Bus PO Antar Lintas Sumatera (ALS) melaju mantap di jalan Pantura Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menuju daerah perbatasan Jawa Tengah selanjutnya menuju ke Jawa Timur. (Taryani)  Bus PO Antar Lintas Sumatera (ALS) melaju mantap di jalan Pantura Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menuju daerah perbatasan Jawa Tengah selanjutnya menuju ke Jawa Timur. (Taryani)

KABUPATEN CIREBON (BeritaTrans.com) – Bus antar kota antar provinsi ( AKAP) Perusahaan Otobus (PO) Antar Lintas Sumatera  (ALS) melaju dengan  mantap menelusuri jalan Pantura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (28/11/2021) siang.

Terpantau BeritaTrans.com , Minggu (28/11/2021) siang,  bus ALS  sedang berhenti di Lampu Merah Weru, Kabupaten Cirebon. Bus dengan sasis Mercedes Benz ini sarat penumpang.  Sebagian besar  jok mulai dari depan hingga belakang  terisi para penumpang.

Umumnya bus-bus sumateraan seperti bus ALS ini  ada pemandangan khas  pada bagian kapnya, berupa  tumpukan  barang-barang bawaan atau bagasi penumpang. Hiasan bagasi itu terikat kuat dan terlihat tertutup rapat terpal plastik. Menghindari hujan dan sinar matahari.

Terlihat sejumlah penumpangnya tertidur sambil duduk di jok. Hal ini wajar sebab para penumpang ada yang kelelahan sehingga mengantuk. Mereka telah berhari-hari  duduk di atas jok bus yang tengah  menempuh perjalanan jauh dengan jarak  hingga ribuan kilometer.

Bus dengan trayek  Medan—Pekanbaru— Jember ini  tatkala dibuntuti  dari belakang melaju dalam kecepatan sekitar 50 Km per jam di tengah situasi lalu-lintas jalan Pantura Weru – Kedawung yang cukup ramai.

“Tadi saya lihat sopir  bus ALS profesional banget ya,” ujar Ohir, 59 kepada BeritaTrans.com, Minggu (28/11/2021) dijumpai tengah naik motor dan kebetulan berhenti di lampu merah Weru.

Disebut profesional katanya karena sopir bus ALS menghormati pengendara  kendaraan kecil atau sepeda motor. Saat lampu hijau menyala, sebetulnya bisa saja sopir bus ALS  ini langsung tancap  gas.

Tetapi  tidak demikian bagi sopir bus yang satu  ini. Ia  malah  memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada beberapa pengendara motor di sisi kiri untuk melaju duluan.

“Setelah beberapa sepeda motor  semuanya melaju, barulah sopir bus ALS  injak gas. Dengan perlahan-lahan sopir lepas kopling dan meninggalkan lampu merah Weru  yang tampak  padat kendaraan itu.

Bus ALS melaju menelusuri jalan Pantura Weru menuju Terminal Harjamukti Kota Cirebon. Dan  selanjutnya bus melaju ke arah Jawa Tengah.

Tentunya  setelah melalui Jembatan Cisanggarung yang merupakan daerah perbatasan antara Kabupaten Cirebon-Kabupaten Brebes atau wilayah perbatasan  Jawa Barat – Jawa Tengah. (Taryani)