Hore! Bandara Kertajati Nyambung Tol

  • Oleh : Fahmi

Senin, 13/Des/2021 20:09 WIB
Pembangunan Ruas Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. (Dok. Kemen PUPR) Pembangunan Ruas Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. (Dok. Kemen PUPR)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jalan tol akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka dapat beroperasi dalam waktu dekat. Pemerintah juga sudah mengeluarkan izin operasinya. 

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR juga sudah memberikan informasi kalau akses Bandara Kertajati yang terhubung dengan tol Cipali ini bakal beroperasi pada bulan ini. 

Baca Juga:
Hampir Selesai, Jalan Tol dan Bandara IKN Siap Sambut Perayaan 17 Agustus-an

"Jalan tol yang akan dioperasikan dalam waktu dekat (Desember) adalah Jalan tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Manado - Bitung seksi 2, Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu seksi 3, dan tol Sigli - Banda Aceh seksi 2," kata Kepala BPJT Danang Parikesit, dalam keterangan tertulis kepada CNBC Indonesia, dikutip Senin (13/12/2021). 

Adapun Presiden Direktur Astra Tol Cipali Firdaus Azis menjelaskan peresmian tol bakal dilakukan dalam waktu dekat. 

Baca Juga:
Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi Ditargetkan Mulai Dibangun Akhir 2024

"Dalam waktu dekat Jalan tol Akses BIJB akan diresmikan dan beroperasi," katanya dalam keterangan dikutip, Senin (13/12/2021). 

Astra tol Cipali tol Cipali juga sudah menerima Keputusan Menteri PUPR 1514/KPTS/M/2021 tentang Pengoperasian jalan tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). 

Baca Juga:
Integrasi Antarmoda DAMRI, Ini Titik Keberangkatan Baru dari Serang-Bandara Soekarno Hatta

Penetapan tarif juga sudah diputuskan dari Keputusan Menteri PUPR Nomor 1515/KPTS/M2021 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sebagai bagian dari jalan tol Cikampek - Palimanan yang diterbitkan 6 Desember lalu. 

Untuk diketahui jalan tol ini terkoneksi dengan tol Cikopo - Palimanan dimulai dari Km 158+700. Pembangunan tol ini sudah selesai dari September lalu dilanjutkan dengan uji laik fungsi pada Oktober.(fh/sumber:CNBC)