Kemenhub Raih Penghargaan KPPU Award 2021, Menhub Terus Dorong Keterlibatan UMKM di Pembangunan Transportasi

  • Oleh : Naomy

Selasa, 14/Des/2021 17:18 WIB
Menhub saat menerima penghargaan KPPU disaksikan Wapres Menhub saat menerima penghargaan KPPU disaksikan Wapres

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan kembali meraih penghargaan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), untuk kategori Kemitraan Madya. 

Kemenhub dinilai oleh KPPU telah menjalankan prinsip pola kemitraan yang baik, dengan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi.

Baca Juga:
Sejumlah Proyek Infrastruktur Transportasi Akan Diresmikan Pada 2024

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima disaksikan  Wakil Presiden Ma’ruf Amin, di Jakarta, Selasa (14/12/2021). 

“Ini merupakan kali kedua kami meraih penghargaan dari KPPU. Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Kemenhub, untuk menjalin pola kemitraan yang lebih baik lagi kedepannya, dalam rangka mewujudkan iklim persaingan usaha yang sehat,” tutur Menhub.

Baca Juga:
Kemenhub Luncurkan Slogan Angleb "Mudik Ceria, Penuh Makna"

Menhub berterimakasih kepada KPPU, yang selama ini telah memonitor dan mengawasi pelaksanaan kebijakan persaingan usaha di sektor transportasi.

Diharapkan dapat memberikan manfaat terbesar bagi masyarakat, serta mampu menumbuhkan kebangkitan usaha UMKM yang berdaya saing tinggi dan mampu bersaing di pasar global.

Baca Juga:
Kemenhub Dorong Digitalisasi di Sektor Transportasi

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua KPPU Guntur S. Saragih menjelaskan, hasil penilaian indeks persaingan usaha Indonesia mengalami peningkatan dari angka 4,65 pada tahun 2020, menjadi 4,81 pada tahun 2021 dari skala minimal tujuh. 

Peningkatan indeks persaingan usaha tersebut dinilai positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia, terlebih pada masa pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Pada acara KPPU Award 2021, KPPU memberikan penghargaan dengan dua kategori yaitu kategori Persaingan Usaha dan Kemitraan, bagi 11 Kementerian dan sembilan Pemerintah Provinsi yang memiliki kinerja terbaik dalam pelaksanaan kebijakan persaingan dan pelaksanaan Kemitraan dengan UMKM. (omy)