Kementerian ESDM Tinjau Uji Coba Bahan Bakar Kelapa Sawit di Kudus

  • Oleh : Taryani

Rabu, 26/Janu/2022 14:11 WIB
Kementerian ESDM jalin kerja sama dengan PT Pura Barutama terkait pengolahan minyak hasil kelapa sawit, di Desa Terban, Selasa (25/1/2022). (Dok.Diskominfo Jateng) Kementerian ESDM jalin kerja sama dengan PT Pura Barutama terkait pengolahan minyak hasil kelapa sawit, di Desa Terban, Selasa (25/1/2022). (Dok.Diskominfo Jateng)

KUDUS (BeritaTrans.com)  – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI,  Arifin Tasrif terus mendorong inovasi energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan masyarakat sehingga dapat mengurangi ketergantungan impor bahan bakar minyak (BBM).

Hal itu disampaikan saat kunjungan kerja sekaligus menjalin kerja sama dengan PT Pura Barutama terkait pengolahan minyak hasil kelapa sawit, di Desa Terban, Selasa (25/1/2022).

Menteri ESDM menyambut baik inovasi yang telah dilakukan perusahaan tersebut, dalam pemanfaatan sumber daya energi terbarukan dari kelapa sawit  yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Terlebih tanaman kelapa sawit sangat berlimpah di Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi atas upaya yang dilakukan ini. Dengan pengolahan dan pemanfaatan sumberdaya energi, diharap bisa menghasilkan produk yang berkualitas dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas,” ungkap Menteri ESDM. 

Menurut Menteri Arifin, hasil uji coba bahan bakar kelapa sawit yang dilakukan PT Pura Barutama sudah baik dan layak digunakan.

Diharapkan, inovasi itu dapat dioptimalkan sebagai sumber bahan bakar minyak lainnya, sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap impor BBM.

“Terus berinovasi dan perbaiki jika ada kekurangannya, hingga layak digunakan masyarakat luas. Dengan selalu berinovasi, tidak menutup kemungkinan kita dapat mandiri energi sehingga dapat mengurangi ketergantungan penggunaan bahan bakar impor,” lanjutnya.

Bupati Kudus, HM Hartopo menyambut baik dukungan yang diberikan oleh pihak Kementerian ESDM RI atas upaya pengelolaan sumberdaya mineral di Kabupaten Kudus.

“Dengan adanya pengolahan bahan bakar dan didukung oleh penguasaan teknologi, semoga dapat meningkatkan semangat kami dalam rangka terus berupaya memajukan Kabupaten Kudus,” ungkap bupati.

Disampaikan, PT Pura Barutama merupakan  salah satu perusahaan yang memiliki komitmen dalam pengembangan energi terbarukan.

Karenanya diharapkan, jalinan kerja sama dengan Kementerian ESDM RI akan menjadi sumbangsih untuk Indonesia, sehingga menjadi ikon baru di Kabupaten Kudus.

“Saya berharap jalinan kerja sama antara PT Pura Barutama dengan Kementerian ESDM dalam rangka pengembangan bensin sawit (Bensa) sebagai bahan bakar akan menjadi sumbangsih berharga Kabupaten Kudus bagi Indonesia, terlebih bisa menjadi ikon baru di Kudus,” harapnya. (tr/Sumber:Diskominfo Jateng)