Qatar Airways Dikabarkan Pesan Boeing B777X untuk Angkutan Kargo

  • Oleh : Redaksi

Senin, 31/Janu/2022 15:49 WIB


DOHA (BeritaTrans.com) - Pabrikan pesawat Boeing dilaporkan dalam pembicaraan dengan Qatar Airways tentang pengadaan pesawat kargo B777X.

Menurut Reuters, Qatar Airways sedang mempertimbangkan untuk memperbarui armada yang ada sekitar 34 pesawat kargo dengan Boeing 777X baru dalam kesepakatan yang berpotensi bernilai $ 14 miliar.

Baca Juga:
NASA Bersama Boeing Bikin Pesawat Ramah Lingkungan

"Qatar telah mengindikasikan bersedia untuk membeli sebanyak 50 pesawat kargo, dengan jumlah yang lebih besar kemungkinan akan mencakup opsi," kata Reuters.

Kedua perusahaan dilaporkan menolak berkomentar.

Baca Juga:
Peningkatan Jaringan dan Industri Aviasi Dibahas dalam Seminar Gelaran Kemenhub dan INACA

Jika kesepakatan berlanjut, ini akan menjadi pesanan pertama untuk 777X, yang mampu membawa sekitar 110 ton kargo.

Kesepakatan potensial datang ketika ketegangan antara Qatar Airways dan Airbus berlanjut atas armada A350.

Baca Juga:
Queen of the Skies 747, Pesawat Jumbo Terakhir, Keluar dari Perakitan

Pada bulan Desember, Air Cargo News melaporkan Qatar Airways telah mengajukan proses hukum terhadap Airbus di Pengadilan Teknologi dan Konstruksi Pengadilan Tinggi London.

Airbus baru-baru ini membatalkan perjanjian dengan Qatar Airways untuk pembelian 50 A321 baru.

Qatar Airways di masa lalu juga menyatakan minatnya pada pesanan potensial untuk pesawat kargo A350 yang baru diluncurkan Airbus, meskipun kemungkinan ini tampaknya semakin tidak mungkin karena ketegangan di antara keduanya.

Dalam wawancara bulan Juni dengan Reuters, kepala eksekutif Qatar Airways Akbar Al Baker mengatakan bahwa perusahaan sedang mempertimbangkan pesanan untuk 30 atau lebih kargo dari Airbus atau Boeing sebagai bagian dari program pembaruan armada.

Menurut situs web Qatar Airways, ke-26 dari pesawat kargo B777 yang dipesan dari Boeing kini telah dikirim — yang pertama tiba pada 2010. Maskapai ini juga mengoperasikan dua B747-8F.