Ban Meleduk Saat Mendarat, Pilot Kehilangan Kendali, Pesawat Airbus A321-200 Delta Air Lines Terperosok ke Lumpur

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 09/Feb/2022 20:51 WIB


ATLANTA (BeritaTrans.com) -  Pesawat Airbus A321-200 Delta Air Lines telah berakhir dalam kekacauan berlumpur setelah ban pecah saat mendarat. A321 tiba dari Dallas-Fort Worth ke Atlanta dan mendarat dengan selamat, tetapi ban pecah menyebabkan pilot kehilangan kendali.

Pesawat melintasi sepetak rumput, berhenti di taxiway. Semua penumpang dievakuasi dengan selamat.

A321ceo terbaru Delta telah terlibat dalam insiden berantakan di Atlanta. Pesawat dengan nomor registrasi N129DN itu melakukan penerbangan DL-1277 dari Dallas (DFW) ke Atlanta (ATL) pada Minggu sore ketika mengalami gangguan landasan pacu.

Penerbangan satu setengah jam itu berlangsung tanpa hambatan, berangkat dari Dallas tepat waktu dan mendarat di Atlanta beberapa menit lebih cepat dari jadwal. Penerbangan mendarat dengan selamat, tetapi ban di gigi utama kanan pecah, menyebabkan pilot kehilangan kendali.

Pesawat membelok dari landasan 09R, melintasi rumput antara landasan pacu dan taxiway, sebelum akhirnya berhenti di taxiway R.

Menurut Aviation Herald, pesawat lain yang berangkat pertama-tama membunyikan alarm dengan menara, memberi tahu pengontrol bahwa sebuah pesawat telah meninggalkan landasan pacu dan berada di atas rumput.

FAA mengeluarkan pemberitahuan di situs Analisis dan Berbagi Informasi Keselamatan Penerbangan (ASIAS):

"Pesawat mendarat dan meledakkan ban dan membelok dari landasan pacu ke rumput yang menabrak beberapa rambu landasan pacu, Atlanta, GA."

Tidak ada cedera yang dilaporkan kepada siapa pun di dalam pesawat, penumpang atau awak. Landasan pacu ditutup untuk waktu yang singkat saat pesawat sedang dipindahkan. Semua penumpang diturunkan dengan aman dan dibawa ke terminal.

Sumber: simpleflying.com.