Intip Aktifitas Bongkar Muat di Pelabuhan Sunda Kelapa

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 10/Feb/2022 15:09 WIB
Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Aktifitas bongkar muat di Pelabuhan Sunda Kelapa lancar dan kondusif, Kamis (10/2/2022) sore. 

Baca Juga:
Kapal Kargo Kebakaran di Pelabuhan Sunda Kelapa Diduga Karena Gesekan Besi

Berderet kapal-kapal tradisional dan truk-truk pengangkut logistik di Dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa menunggu isi muatan atau sedang bongkar logistik yang dibawa dari daerah. 

Cuaca cukup cerah walau agak sedikit mendung, terlihat pekerja Pelabuhan atau biasa disebut Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) sibuk menaikkan atau menurunkan logistik dari truk ke kapal atau sebaliknya. 

Baca Juga:
Target 2 Hari, Bangkai Kapal Kayu yang Terbakar dan Tenggelam di Pelabuhan Sunda Kelapa segera Dievakuasi

Pelabuhan Sunda Kelapa pada bulan yang lalu sempat diterjang air laut (rob) hingga mencapai 1 meteran. Kini pelabuhan tersebut sudah dibuat tanggul sementara yang terbuat dari tanah yang dipadatkan dan dimasukkan ke dalam karung berwarna putih. 

Baca Juga:
Terminal Kapal Penumpang Tanjung Priok akan Dipindahkan ke Pelabuhan Sunda Kelapa

Tanggul bantuan dari PUPR itu dibuat sepanjang dermaga pelabuhan guna mengantisipasi datangnya air laut apalagi saat ini masih musim penghujan. 

Terbukti tanggul tersebut efektif, di saat air laut naik dan menggenangi Pelabuhan Muara Baru, ternyata air rob tidak masuk ke Dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa. 

Aktifitas bongkar muat tetap berjalan seperti biasa dan tidak terganggu adanya air rob.(ahmad)