META Groundbreaking Proyek Jalan Akses Tol Makassar New Port

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 11/Feb/2022 22:42 WIB
Foto: Proyek Makassar New Port Tahap Pertama (dok. Kemenhub) Foto: Proyek Makassar New Port Tahap Pertama (dok. Kemenhub)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) melalui anak perusahaannya, PT Margautama Nusantara (MUN) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) Tahap I dan Tahap II pada 7 Februari 2022. 

Jalan tol itu berada di Kelurahan Buloa dan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

Baca Juga:
Tol Soreang-Bandung Bikin Perjalanan Jadi 15 Menit Saja

Adapun Margautama Nusantara adalah anak usaha META yang bergerak di bidang pengusahaan jalan tol, yang menaungi total empat badan usaha jalan tol, salah satunya adalah PT Bintaro Serpong Damai (BSD). BSD inilah yang nanti akan membangun Jalan Akses Tol Makassar New Port Tahap I dan Tahap II.  

Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) pembangunan pemerintah pusat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Usaha Jalan Tol. Sedangkan, pembebasan lahan untuk proyek ini dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo). 

Baca Juga:
Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi Ditargetkan Mulai Dibangun Akhir 2024

Manajemen META menyampaikan, pembangunan Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) ini sangat diperlukan untuk mendukung beroperasinya Makassar New Port (MNP), berdasarkan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) pada tahun 2023, seluruh kegiatan bongkar muat peti kemas akan pindah dari pelabuhan lama ke terminal Makassar New Port. 

"Sekaligus diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, sistem angkutan barang/logistik dan meningkatkan ekspor impor di Timur Indonesia," ungkap manajemen META, dalam keterbukaan informasi dikutip Jumat (11/2/2022). 

Baca Juga:
Tol IKN Segmen SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang Rampung Juni 2024

Seperti diketahui, proyek Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) akan dibangun dalam tiga tahap dengan panjang 3,2 kilometer dengan kebutuhan lahan seluas 2,74 hektare. 

Proyek yang akan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk ini akan dikerjakan dalam 3 tahap. 

Tahap pertama, mulai dari arah pelabuhan lama (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP. Tahap kedua, akan dibangun dari arah Bandara (Jalan Tol Makassar Seksi IV) menuju ke MNP. Tahap pertama dan kedua ini dikerjakan bersamaan.  

Sedangkan tahap ketiga, dari MNP menuju ke Bandara akan dikerjakan pada tahap berikutnya.(fh/sumber:cnbc)