Anies Ganti Jalan Cakung-Cilincing jadi Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 13/Feb/2022 11:30 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani di Cakung-Cilincing, Jakarta Utara. Peresmian dilakukan bersama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

"Alhamdulillah, kemarin bersama Rais Aam KH Miftahul Achyar dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama lainnya meresmikan nama Jalan Syekh Nawawi al-Bantani yang berada di Cakung-Cilincing," kata Anies melalui Instagramnya, @aniesbaswedan, Jumat (11/2/2022).

Baca Juga:
Skema Pembangunan Tol Berkeadilan Ala Anies, Warga Harus Diberi Saham hingga Dapat Biaya Operasional Tol

Anies mengatakan Syekh Nawawi Al-Bantani merupakan sosok ulama teladan yang pernah menjadi imam di Masjidil Haram sehingga sosok Syekh Nawawi berperan dalam perkembangan peradaban Islam di dunia.

"Penyambung sanad ulama Nusantara. Dikenal bukan hanya seantero Nusantara, tetapi juga Syekh Nawawi adalah ulama dari Indonesia yang memberi warna pada perkembangan peradaban Islam dunia," ujarnya.

Baca Juga:
Ramai Pengunjung CFD Berebut Foto dengan Anies, TransJ Tersendat

Anies berharap penamaan jalan ini dapat memberikan inspirasi terhadap generasi muda. Dia juga meyakini di masa depan akan muncul sosok penerus Syekh Nawawi dalam kemajuan peradaban Islam dunia.

"Sehingga harapannya nanti akan muncul pribadi-pribadi yang meneruskan perjuangan dan kontribusi Syekh Nawawi Al Bantani dalam memberikan warna pada peradaban Islam dunia," ucapnya.

Baca Juga:
Momen Anies Naik Sepeda ke Balai Kota di Hari Terakhir Menjabat Gubernur DKI

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengemukakan karya-karya Nawawi menunjukkan ulama Indonesia tak kalah dengan ulama-ulama Timur Tengah. Menurutnya, para pendakwah muda Indonesia harus banyak belajar dari Nawawi.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Miftachul Akhyar. Dia berharap pengubahan nama Jalan Cakung Cilincing Raya akan memancing keinginan generasi muda mempelajari karya-karya Nawawi.

"Mungkin ini masih belum terhimpun, banyak penulis-penulis kita, mualif-mualif, tapi insyaallah dengan peringatan ini mereka akan tertarik, terbangun semangatnya," ucap Miftachul.

Kalimalang Jadi Laksamana Malahayati

Sebelumnya  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pergantian nama Jalan Inspeksi Kalimalang sisi utara, Jakarta Timur. Nama jalan diganti menjadi Jalan Laksamana Malahayati.

Acara peresmian nama jalan dilaksanakan di Balai Kota DKI Jakarta hari ini. Peresmian dihadiri oleh Ketua Perkumpulan Masyarakat Aceh Surya Dharma dan Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Anies mengatakan peresmian nama jalan ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya dari Pemprov DKI Jakarta kepada pahlawan nasional Laksamana Malahayati. Bahkan Provinsi Aceh sendiri telah melahirkan pahlawan nasional.

"Masyarakat Aceh memiliki peran penting dalam sejarah panjang kemerdekaan bangsa Indonesia. Aceh telah melahirkan begitu banyak pahlawan yang dikenal di tingkat nasional, mulai dari Teuku Umar, Sultan Iskandar Muda, Teungku Chik di Tiro, Cut Nyak Dhien, Cut Nyak Meutia,Teuku Nyak Arif, dan Teuku Muhammad Hasan," kata Anies dalam keterangannya, Selasa (23/11/2021).