Pesawat Militer Iran yang Jatuh Timpa Sekolah Ternyata Jet Tempur F-5 Buatan AS

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 22/Feb/2022 01:23 WIB
foto:istimewa/iNews.id foto:istimewa/iNews.id

DUBAI, iNews.id - Pesawat militer Iran yang jatuh di Provinsi Tabriz, Senin (21/2/2022), dipastikan jet tempur F-5 buatan Amerika Serikat (AS). 

Jet tempur tersebut menimpa sekolah (sebelumnya disebutkan gedung olahraga) menewaskan tiga orang. Stasiun televisi Iran melaporkan, pesawat menabrak dinding sekolah. Sebelumnya laporan lain menyebutkan, bangunan yang dihantam adalah Gedung Olahraga Shahid Alipour di Boulevard Monjem. 

Baca Juga:
Sempat Alami Masalah Saat Terbang, Jet Tempur Siluman F-35 AS Hilang AS

Dua korban tewas adalah pilot instruktur, pilot pendidikan, serta seorang lainnya warga sipil yang sedang berada di dalam mobil di lokasi. Juru bicara militer Iran Shahin Taqi-Khani, seperti dikutip dari Reuters, mengatakan kecelakaan terjadi menjelang pukul 09.00 waktu setempat. Saat itu sekolah sedang diliburkan sehingga tak ada siswa maupun guru yang datang. 

Dia menduga pesawat jatuh karena masalah teknis, namun penyebab pastinya masih dalam penyelidikan. Iran dilaporkan masih menggunakan beberapa pesawat militer buatan Iran yang dibeli sebelum Revolusi Iran tahun 1979. 

Baca Juga:
Tabrakan 2 Pesawat Temput Ukraina, 3 Pilot Tewas

Setahun kemudian AS memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran dipicu penculikan para diplomatnya oleh mahasiswa. Sejak itu AS menjatuhkan sanksi terhadap Iran, termasuk tak bisa mendapatkan suku cadang pesawat militer serta sipil.(amt/sumber:iNews.id)

Baca Juga:
Pesawat Tempur TNI AU Pecah Ban dan Tergelincir di Lanud Pekanbaru