Formula Satu Akhiri Kontrak dengan Rusia

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 04/Mar/2022 10:28 WIB
Pebalap Inggris Lewis Hamilton saat berlaga dalam Grand Prix F1 di sirkuit Sochi Autodrom, kota resor Sochi, Rusia 25 September 2020. Foto: voaindonesia.com. Pebalap Inggris Lewis Hamilton saat berlaga dalam Grand Prix F1 di sirkuit Sochi Autodrom, kota resor Sochi, Rusia 25 September 2020. Foto: voaindonesia.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Formula Satu (F1) hari Kamis (3/3) telah mengakhiri kontraknya dengan Grand Prix Rusia menyusul invasi negara itu ke Ukraina, dengan mengatakan “Rusia tidak akan memiliki balapan” di masa depan.

F1 telah membatalkan balapan tahun ini, yang sedianya berlangsung di Sochi pada 25 September. Namun setelah diskusi lebih lanjut pekan ini, F1 melangkah lebih jauh dan mengakhiri kontrak yang sedianya berlaku hingga 2025.

Baca Juga:
Bakal jadi Sejarah, F1 Powerboat 2023 Hadirkan Balapan Dobel dalam 1 Perhelatan

Dalam sebuah pernyataan F1 menyatakan, “Formula 1 dapat mengkonfirmasi telah mengakhiri kontrak dengan Grand Prix Rusia. Rusia tidak akan memiliki balapan di masa depan.”

Juara F1 empat kali Sebastian Vettel dan beberapa pembalap lain pekan lalu mengatakan mereka tidak akan mengikuti balapan di Rusia, bahkan jika F1 tidak membatalkan kontraknya dengan Grand Prix.

Baca Juga:
Kopiko F1 Powerboat Danau Toba Resmi Dimulai, Sesi Latihan Bebas Dimenangi Thani Al Qemzi Asal Abu Dhabi

Dalam perkembangan lainnya Serikat Sepakbola Rusia mengatakan akan mengajukan banding atas larangan berkompetisi di berbagai pertandingan internasional setelah negaranya menginvasi Ukraina.

FIFA dan UEFA hari Senin lalu (28/2) melarang klub-klub sepakbola dan tim nasional Rusia mengikuti seluruh kompetisi “hingga pemberitahuan lebih lanjut.” (dn/sumber: voaindonesia.com)

Baca Juga:
Jadwal F1 GP Singapura 2022: Max Verstappen Berpeluang Kunci Gelar Juara Dunia