Kapal Patroli HSC Baru Tahun ini Bakal Lengkapi Armada Bakamla

  • Oleh : Taryani

Senin, 07/Mar/2022 18:54 WIB
Satu unit Kapal High Speed Craft (HSC) baru karya putra bangsa, secara resmi masuk jajaran kapal patroli Badan Keamanan Laut Republik Indonesia. (Foto:Kompas.com) Satu unit Kapal High Speed Craft (HSC) baru karya putra bangsa, secara resmi masuk jajaran kapal patroli Badan Keamanan Laut Republik Indonesia. (Foto:Kompas.com)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) akan mendatangkan kapal patroli high speed craft (HSC) baru pada 2022.

Rencana mendatangkan kapal ini bertujuan untuk meningkatkan penegakan hukum di ranah laut. “Kita berharap bisa nambah setiap tahun. Tahun kemarin kita nambah satu ada HSC, nah tahun ini juga kita akan nambah itu,” kata Kepala Bakamla, Laksamana Madya Aan Kurnia kepada awak media di sela-sela Rapim Bakamla Tahun 2022 di Jakarta, Senin (7/3/2022).

Bakamla pada 2021 telah menambah satu unit kapal patroli HSC bernomor lambung 32-02. Kapal HSC tersebut memiliki panjang 14,30 meter, lebar 3,3 meter, bahan badan kapal alumunium, mesin 3 x 425 HP, kecepatan hingga mencapai 65 knots (120,38 km per jam) dan mampu mengakomodasi enam orang.

Aan berharap pada tahun ini terjadi penambahan serupa seperti yang terjadi pada periode sebelumnya. “Mudah-mudahan akan ada penambahan lain,” katanya.

Ia menambahkan, penegakan hukum laut di Natuna akan menjadi salah satu perhatian Bakamla. Mengingat selama ini di lokasi itu terjadi sejumlah pelanggaran.

Salah satunya terkait pencurian ikan oleh kapal berbendera negara luar. “Itu termasuk yang menjadi salah satu concern kita,” imbuh dia. (tr/Sumber:Kompas.com)