Ternyata eh Ternyata! Mbak Rara, Sang Pawang Hujan MotoGP Mandalika Sering Mengawal Acara Kenegaraan

  • Oleh : Redaksi

Senin, 21/Mar/2022 10:58 WIB
Pawang hujan di Sirkuit Mandalika yang mencoba untuk meredakan hujan yang mengguyur lintasan balap MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022). Foto: kompas.com. Pawang hujan di Sirkuit Mandalika yang mencoba untuk meredakan hujan yang mengguyur lintasan balap MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022). Foto: kompas.com.

LOMBOK TENGAH (BeritaTrans.com) - Sosok pawang hujanyang muncul beberapa saat sebelum race MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022), menjadi sorotan.

Saat itu, hujan membasahi Pertamina Mandalika International Street Circuit sesaat sebelum balapan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia digelar.

Baca Juga:
BMKG soal Hujan Berhenti di Mandalika: Bukan Karena Pawang, tapi Faktor Durasi

Di tengah hujan, tampak seorang pawang melakukan ritual di area pit lane.

Perempuan itu terlihat berjalan tanpa alas kaki sambil membawa singing bowl.

Baca Juga:
Hari Ketiga Tes MotoGP Mandalika Cuaca Terbaik Dibandingkan Dua Hari Lalu

Aksi pawang hujan di Sirkuit Mandalikaitu menarik perhatian para pebalap dan kru serta para penonton.

Rara mengatakan, jasanya sudah sering digunakan untuk sejumlah acara kenegaraan.

Baca Juga:
Ketua Umum IMI Temui Desainer Sirkuit Mandalika

“Aku sebagai tim doa pawang hujan yang direkomendasikan oleh Bapak Erick Thohir, aku sering mengawal eventkenegaraan, event-nya Pak Jokowi, bekerja sama dengan tim ITDC dan Pak Hadi Tjahjanto sebagai korlap,” ujarnya, Jumat (18/3/2022), dikutip dari YouTube Kompas.com.

Menurut Rara, apa yang dilakukannya adalah modifikasi cuaca dengan kekuatan doa.

Pada rangkaian event MotoGP Mandalika ini, dirinya pernah diminta untuk melembapkan udara lantaran kondisi lintasan yang panas.

“Kami diminta supaya (membuat) lembap kayak cuacanya ada gelap-gelap. Nah, mereka memintanya hujan, tetapi karena di sebelah sisi parkir timur masih ada pekerjaan, dan di atas masih ada persiapan, jadi saya mintaya suhunya turun,” ucapnya.

Selain terlibat saat hari-H MotoGP Mandalika, Rara mengaku juga terlibat saat tes pramusim.

Tak hanya itu, ia mengaku diminta mendatangkan hujan pada 9-11 Maret untuk membantu mendinginkan trek Sirkuit Mandalika yang diaspal ulang.

Aksi pawang hujan berkeliling di sekitar Sirkuit Mandalika

Koordinator Sirkuit Mandalika dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Denny Pribadi, mengakui bahwa ada pawang hujan yang bertugas di sekitar lokasi sirkuit.

"Pawang hujannya namanya Mbak Rara, mungkin kayak Dorna di luar negeri kayaknya tidak pakai seperti ini. Percaya tidak percaya itu terjadi, mungkin di Amerika, Spanyol, Italia, tidak ada seperti ini jampi-jampi pakai kembang, kemenyan, ya itulah Indonesia," ungkapnya, Sabtu (19/3/2022).

Denny menuturkan, banyak tim Dorna yang tertarik terhadap aksi pawang hujan yang berkeliling di sekitar sirkuit.

"Pawang hujan memang identik mengusir hujan atau memindahkan hujan. Padahal kita juga perlu hujan juga supaya trek dingin dan tidak panas," terangnya, dikutip dari pemberitaan Kompas.com. (dn/sumber: kompas.com)