Pangdam Jaya Hadiri Launching Salam Pancasila di SMAN 1 Kota Bekasi

  • Oleh : Bondan

Senin, 21/Mar/2022 18:38 WIB
Panglima Daerah Militer (Pangdam) Kodam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto melakukan kunjungan dalam rangka launching salam Pancasila di SMAN 1 Kota Bekasi Jalan KH. Agus Salim, Kecamatan Bekasi Timur, Senin (21/3/2022). Foto: istimewa. Panglima Daerah Militer (Pangdam) Kodam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto melakukan kunjungan dalam rangka launching salam Pancasila di SMAN 1 Kota Bekasi Jalan KH. Agus Salim, Kecamatan Bekasi Timur, Senin (21/3/2022). Foto: istimewa.

BEKASI (BeritaTrans.com) -- Panglima Daerah Militer (Pangdam) Kodam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto melakukan kunjungan dalam rangka launching salam Pancasila di SMAN 1 Kota Bekasi Jalan KH. Agus Salim, Kecamatan Bekasi Timur, Senin (21/3/2022).

"Saya hadir disini dalam lauching salam Pancasila. Saya akan menjelaskan kegiatan TNI karena adik-adik adalah calon pimpinan dan penerus bangsa. Yang terpenting adalah anak-anak calon penerus bangsa harus dapat menjadi pemimpin," kata Pangdam.

"Kenapa TNI itu ada, bangsa dan negara mempunyai sejarah (kerajaan Majapahit, kerajaan Sriwijaya) itu kerajaan bisa hilang apabila kita tidak bisa menjaganya, itulah tugas TNI yang selalu menjaga negara," imbuhnya.

Pangdam kembali menjelaskan kepada para siswa bahwa kemanan negara bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI namun semua lapisan masyarakat.

"Yang penting kita dapat menyiapkan skenario terjelek dampak seluruh kerawanan yang ada di Indonesia dengan cara melakukan analisa dampak permasalahan di negara kita," ujarnya.

Sebagai negara yang berazaskan pancasila yang menjadi dasar, serta UUD 45, Bhineka Tunggal Ika ini adalah dasar untuk menjaga negara Indonesia.

"Kita punya tanggung jawab konsensus untuk itu, karena kita mewarisi dan akan mewariskan kepada generasi muda tidak boleh lengah kepentingan bangsa harus kita jaga," lanjutnya.

Dalam kunjungannya, Pangdam didampingi oleh jajaran diantaranya Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto S.E M.Si (Danrem 051 Wkt), Kolonel Inf Jeffry Antonius Bojoh, S.I.P (Asintel Kasdam Jaya), Kolonel Inf Dody Triwinarto (Asops Kasdam Jaya), Kolonel Inf Uyat, S.I.P (Aster Kasdam Jaya 4. Letkol Cpm Dwi Indra Wirawan, ( Kapendam Jaya ), Staf Ahli Pangdam Jaya (Kol Inf Haris Panca Putra) dan Letkol Cpm Dwi Indra Wirawan (Kapendam Jaya).

Kegiatan pecanangan kampung Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian bagi para generasi penerus bangsa dalam rangka upaya menjaga berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Dan)