Bandara Gatwick Prediksi Penerbangan Naik 3.000% Selama April 2022

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 27/Mar/2022 06:54 WIB


LONDON (BeritaTrans.com) - Bandara Gatwick memprediksi kenaikan trafik penerbangan naik 3.000 persen selama April 2022, sehingga menyentuh 10.000 keberangkatan. Angka tertinggi sejak Desember 2019 itu dipacu  dibuka kembalinya terminal selatannya.  

Menurut data Cirium, bandara di London itu menetapkan April 2022 sebagai bulan tersibuk sejak era pra-pandemi.  

Baca Juga:
Akibat Alarm Kebakaran, Ribuan Penumpang Pesawat di Bandara London Gatwick Dievakuasi dan Puluhan Penerbangan Tertunda

Pembukaan kembali Terminal Selatan Bandara Gatwick, yang mewakili lebih dari setengah kapasitas bandara, akan memainkan peran penting dalam membantu bandara kembali normal. 

Gatwick, yang pernah masuk dalam 10 bandara tersibuk di Eropa, telah menjadi salah satu bandara yang terkena dampak terburuk sejak pecahnya pandemi.

Dibandingkan dengan April 2021, yang hanya memiliki 322 keberangkatan selama sebulan penuh, Bandara Gatwick akan menangani 30x lebih banyak penerbangan pada April mendatang. Faktanya, Gatwick hampir akan mencapai seluruh total April 2021 pada 27 Maret saja, dengan 288 jadwal keberangkatan.

Sebelumnya Bandara Gatwick menanggapi penurunan drastis jumlah penumpang dengan menutup Terminal Selatan pada Juni 2020. Sejak saat itu, terminal tidak digunakan. Pada bulan Februari, bandara mengumumkan pembukaan kembali Terminal Selatan mulai 27 Maret.

Gatwick akan menawarkan lebih dari 30 tujuan jarak jauh selama musim panas, termasuk Bangkok, Quebec, Montreal dan Islamabad. Bandara telah menyambut kembali operator, termasuk Qatar Airways, dan menarik yang baru seperti Scoot dan Norse Atlantic.

Stephanie Wear, VP Pengembangan Penerbangan di Bandara Gatwick, mengatakan,

"Menambahkan kota-kota seperti Bangkok, Quebec, Montreal, dan Islamabad ke pilihan rute jarak jauh yang fantastis dari Gatwick adalah berita bagus bagi penumpang kami, termasuk turis dan bisnis di seluruh Tenggara. Saat kami ingin tumbuh kembali menyusul dampak dari pandemi, kami berharap dapat menambahkan lebih banyak rute jarak jauh ke berbagai tujuan kami dan terus menghubungkan kembali orang dan tempat di seluruh dunia."

easyJet akan menjadi maskapai tersibuk
Maskapai murah easyJet akan menjadi operator terbesar di Gatwick pada bulan April dengan 5.724 keberangkatan, terhitung sekitar enam dari 10 keberangkatan. Maskapai ini akan menawarkan 120 rute keluar dari Gatwick dan telah menempatkan 79 pesawat di bandara.

Sumber: simpleflying.com