Konsumsi BBM Mobil Boros, Kenali 5 Faktor Ini

  • Oleh : Taryani

Sabtu, 16/Apr/2022 09:16 WIB
Petugas mengisi BBM kendaraan di salah satu SPBU. (Ist.) Petugas mengisi BBM kendaraan di salah satu SPBU. (Ist.)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mobil  yang sesuai standar pabrikan diusahakan  terus dipertahankan. Jika terabaikan, maka  bsia jadi mobil Anda bakal mengalami boros BBM.  

Mobil boros BBM ternyata juga bisa disebabkan beberapa hal yang tak disadari pengemudi.

Dilansir dari Auto2000, kadang kondisi yang dianggap sepele bisa menyebabkan konsumsi BBM pada mobil tidak efisien, baik mobil bermesin bensin maupun diesel.

Berikut 5 faktor yang mempengaruhi mobil Anda sehingga boros konsumsi BBM yang dikutip dari Tempo.co, Jumat (15/4/2022).

1. Ban mobil kurang angin

Tekanan angin ban mobil tak boleh disepelekan. Selain dapat mempengaruhi keselamatan pengguna mobil, ban yang kurang angin alias kempes berdampak pada borosnya bahan bakar.

Tapak ban mobil yang bersinggungan dengan permukaan aspal menjadi lebih besar jika ban kempes. Kerja mesin menjadi lebih berat sehingga energi yang dihasilkan untuk menggerakkan mobil juga lebih besar. Walhasil, konsumsi BBM mobil lebih boros.

2. Telat ganti oli mesin

Jika membiarkan mesin mobil terus menerus bekerja dengan oli yang sudah terlalu lama, maka  performanya juga tidak maksimal. Konsumsi BBM lebih boros karena jalannya mesin kasar akibat pelumasan yang tidak maksimal.

3. Lupa lepaskan rem tangan mobil

Lupa melepaskan rem tangan mobil biasanya terjadi pada pengemudi mobil dengan rem tangan konvensional. Tuas rem tangan mobil yang lupa diturunkan atau tidak sempurna diturunkan membuat mesin mobil bekerja ekstra. Pastikan lepas tuas rem tangan mobil secara sempurna sebelum melaju.

4. Mengemudi agresif

Sangat sulit menciptakan konsumsi bahan bakar yang efisien jika pengemudi agresif.

Akselerasi mobil secara mendadak, memacu mobil, Rpm tinggi, rem mendadak, dan manuver agresif mobil tentu membutuhkan suplai BBM yang lebih.Terapkanlah gaya mengemudi mobil hemat BBM alias eco driving.

5. BBM tidak sesuai rekomendasi

Mobil boros BBM bisa juga akibat jenis bahan bakar tak sesuai anjuran pabrikan. Mobil wajib diisi BBM dengan nilai oktan tertentu sesuai sarankan pabrikan. Penggunaan BBM yang sesuai rekomendasi pabrikan akan menjaga pembakaran mesin mobil tetap optimal sehingga BBM lebih irit. (tr/Sumber:Tempo.co)