Kisah Fauzan, Calon Jemaah Haji Magelang Berangkat Haji Naik Sepeda

  • Oleh : Dirham

Kamis, 16/Jun/2022 16:30 WIB
Agus Setiawan Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono menerima Fauzan (calon jemaah haji) di kantor KJRI. Agus Setiawan Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono menerima Fauzan (calon jemaah haji) di kantor KJRI.

JEDDAH (BeritaTrans.com) - Muhammad Fauzan (28) merupakan calon jemaah haji asal Magelang, Jawa Tengah. Kisahnya menjadi sorotan lantaran Fauzan berangkat haji menggunakan sepeda. 

Dia mengayuh sepeda sejauh 8.000 Km selama 7,5 bulan.  Fauzan berkunjung ke kantor KJRI Jeddah Fauzan (calon jemaah haji) berkunjung ke Kantor KJRI Jeddah.

Dalam unggahan Instagram @indonesiainjeddah, pada hari Selasa 7 Juni 2022, bertempat di Kantor KJRI Jeddah, Konjen RI Jeddah menerima kunjungan Pesepeda asal Magelang yang berniat haji dengan menggunakan trasportasi sepeda dari Indonesia menuju Arab Saudi.

Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono sangat mengapresiasi usaha dan tekad Fauzan dalam mencapai mimpinya dengan cara yang tidak biasa tersebut. 

Konjen ikut senang akhirnya Fauzan bisa sampai Saudi dengan selamat dan akan berupaya membantunya untuk bisa mendapatkan tasrih haji demi menggapai cita-citanya untuk bisa melaksanakan ibadah haji.

Muhammad Fauzan merupakan seorang suami dan ayah dari dua anak asal Magelang yang berdomisili di Kediri, Jawa Timur. Ia mengaku punya tekad kuat untuk berhaji. 

Setelah Fauzan lulus dari pesantren Al Madinah, Sleman, dia berusaha untuk ikut seleksi beasiswa Universitas Islam Madinah (dalam rangka mencapai cita-cita berhaji) beberapa kali namun belum berhasil hingga pada bulan November tahun 2021 terbesit ide untuk berhaji menuju Makkah dengan bersepeda. 

Selama dua minggu Fauzan berlatih fisik dan juga meyakinkan keluarganya bahwa dia memang punya tekad kuat untuk berangkat haji bersepeda, akhirnya kedua orang tuanya dan istrinya mengizinkannya untuk menjalankan tekadnya tersebut. 

Dengan bekal tabungannya yang berjumlah sekitar sepuluh juta, Fauzan memulai perjalanan panjang tersebut pada bulan November 2021. 

Tak bisa melewati Myanmar dan India Perjalanannya tak semulus yang dibayangkan. Fauzan memulai perjalanan dari Magelang yang melewati Jakarta, Sumatera, dan Batam. 

Dari Batam ia melanjutkan naik kapal menuju Singapura.  Ia sempat mengayuh sepeda melewati Malaysia dan Thailand. Saat memasuki Myanmar dan India, ia tak mendapatkan izin. 

Sehingga dia harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan pesawat menuju Riyadh. Dari Riyadh dia kembali mengayuh sepeda menuju Jeddah. (ds/sumber Viva.co.id)