Dimulai Hari ini, Airnav Kembali Layani Penerbangan Komersial di Bandara Halim

  • Oleh : Naomy

Kamis, 01/Sep/2022 11:17 WIB
Tower Airnav Cabang Bandara Halim Tower Airnav Cabang Bandara Halim


JAKARTA (BeritaTrans.com) – AirNav Indonesia siap memberikan layanan navigasi yang prima kembali bagi penerbangan komersial di Bandar Udara Halim Perdanakusuma (Bandara Halim - Jakarta). 

Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana Banguningsih Pramesti menyampaikannya pada pembukaan kembali Bandara Halim untuk penerbangan komersial hari ini (1/9/2022).

Baca Juga:
Bandara Kertajati Layani Angleb Setelah Operasi Penuh, Jumlah Penumpang di Puncak Mudik Tembus 2.386

Penerbangan komersial ditutup 26 Januari 2022 yang lalu untuk keperluan revitalisasi area bandara.

“Puji syukur, revitalisasi Bandara Halim telah selesai. Hari ini Halim kembali dibuka untuk penerbangan komersial. AirNav siap untuk kembali memberikan layanan terbaik untuk operasional penerbangan komersial dari dan ke Halim. Fasilitas kami siap, SDM kami juga sangat siap,” tutur Polana.

Baca Juga:
Puncak Arus Mudik, Airnav Layani 1.200 Penerbangan Sehari di Bandara Soekarno-Hatta

Direktur Operasi AirNav Indonesia, Mokhammad Khatim menambahkan, operasional penerbangan komersial perdana di Bandara Halim hari ini dibuka dengan pendaratan pesawat Citilink nomor penerbangan QG171 rute Juanda (Surabaya) – Halim (Jakarta). 

“Alhamdulillaah, Citilink dari Surabaya sudah mendarat dengan selamat pagi ini jam 06.23 WIB menggunakan RWY24,” terangnya.

Baca Juga:
Bandara Kualanamu Siap Layani Angkutan Lebaran

Per hari ini, diperkirakan akan ada 10 penerbangan komersial berjadwal yang akan dilayani oleh AirNav Cabang Halim, baik yang tiba maupun berangkat. 

"Angka tersebut diambil dari data penggunaan slot time penerbangan yang tercatat pada aplikasi Chronos milik AirNav,” kata Khatim.

AirNav Indonesia Cabang Halim melayani rata-rata 85 penerbangan take-off/ landing. Angka rata-rata tersebut berkurang menjadi 42 selama masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 

Sekarang, sektor penerbangan sudah mulai bangkit dari keterpurukan masa pandemi. 

"AirNav yakin, bahwa sektor ini akan segera pulih sepenuhnya mengingat penanganan Covid-19 sudah semakin baik. Hal tersebut tidak lepas dari upaya Pemerintah yang dengan berbagai cara menerapkan metode-metode yang sangat baik dalam menanggulangi pandemi ini,” papar dia.

Sebelumnya, operasional Bandara Halim sudah dibuka kembali sejak 13 Juli 2022. Namun terbatas untuk penerbangan latihan militer dan VVIP. 

Bandara Halim ditutup pada awal tahun dengan alasan kegiatan revitalisasi atas dasar Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Revitalisasi Fasilitas Pangkalan Tentara Nasional Indonesia/ Bandar Udara Halim Perdanakusuma. 

Sekarang, setelah dibuka kembali untuk penerbangan komersial, AirNav Cabang Halim siap beroperasi penuh dengan pelayanan operasional 24 jam.

Revitalisasi dimaksud dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat (land side) maupun udara (air side) dalam rangka meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan. 

Selama penutupan, operasional penerbangan baik niaga berjadwal, tidak berjadwal, kargo, militer, dan VVIP dialihkan ke bandara lain seperti Soekarno-Hatta (Jakarta), Husein Sastranegara (Bandung), Kertajati (Majalengka), Budiarto (Curug, Tangerang), dan Pondok Cabe (Jakarta). (omy)