Waskita Karya Jual Dua Tol Trans Jawa

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 08/Sep/2022 08:30 WIB
Waskita Karya menjual dua jalan tol, yakni Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang kepada Indonesia Investment Authority (INA). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara). Waskita Karya menjual dua jalan tol, yakni Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang kepada Indonesia Investment Authority (INA). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara).

Jakarta (BeritaTrans.com) -- PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dan anak perusahaannya, PT Waskita Toll Road ( WTR), melepas kepemilikan atau jual tol dua seksi trans Jawa, yakni Jalan Tol Kanci - Pejagan, dan Tol Pejagan - Pemalang kepada Indonesia Investment Authority (INA).

Aksi korporasi ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan konfirmasi mulai transaksi (CTC) antara kedua pihak yang disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April lalu.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan konfirmasi penyelesaian transaksi ini akan memperkuat arus kas perusahaan. Dengan demikian, perusahaan dapat mempercepat pengembangan proyek jalan tol lainnya di Indonesia.

"Konfirmasi penyelesaian transaksi INA dan Waskita Karya menunjukkan dukungan terhadap komitmen perseroan untuk menyelesaikan pembangunan proyek-proyek jalan tol yang sedang berjalan, khususnya proyek-proyek strategis nasional (PSN) yang ditetapkan pemerintah," ungkapnya seperti dikutip dari keterangan resmi pada Rabu (7/9).

Destiawan juga menyebut transaksi ini semakin memperkuat struktur modal kerja, kinerja keuangan, dan operasional perusahaan.

"Ini komitmen kami untuk memastikan proyek-proyek yang dikerjakan Waskita Karya dapat berjalan dengan baik dalam lima tahun ke depan," tambahnya.

Sementara itu, CEO INA Ridha Wirakusumah mengatakan kesepakatan ini merupakan langkah maju yang baik dalam upaya mengucurkan investasi untuk pembangunan infrastruktur utama, khususnya jalan tol.

"Kami berharap penutupan transaksi ini hanya awal untuk infrastruktur jalan tol dan akan diikuti oleh sektor lainnya, dan pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberikan dampak nyata dalam mengoptimalkan potensi ekonomi di Jawa," terang Ridha.

Transaksi ini didukung oleh bank mitra dan lembaga keuangan, yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah.(ny/Sumber: CNNIndonesia)

Baca Juga:
Peroleh PMN R28 Triliun, Hutama Karya Kebut Penyelesaian Tol Trans Sumatera