Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip Pernah Liburan di Jakarta-Bali Naik Kapal Pesiar

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 10/Sep/2022 09:12 WIB
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip di Indonesia. Foto: Twitter @UKinIndonesia Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip di Indonesia. Foto: Twitter @UKinIndonesia

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Ratu Elizabeth II wafat di usia 96 tahun. Ketika masih muda, ia pernah berkunjung ke Indonesia bersama suaminya, Pangeran Philip.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip datang ke Indonesia pada 15 - 22 Maret 1974. Saat itu, mereka mengunjungi Jakarta dan Bali menggunakan kapal pesiar dan pesawat udara.

Baca Juga:
Kaisar Jepang Naruhito Akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II, Perjalanan LN Pertama sejak Naik Takhta

Rombongan Ratu Elizabeth II tiba di Jakarta menggunakan pesawat udara dari Bali dan disambut gubernur Jakarta saat itu, Ali Sadikin. Kemudian pada malam hari, mereka dijamu Presiden ke-2 RI Soeharto. Saat itu, Soeharto sempat memberikan cenderamata berupa keris Bali untuk Pangeran Philip.

Perjalanan Ratu Elizabeth II di Indonesia dilanjutkan dengan berkunjung ke Bali menggunakan kapal pesiar Britannia selama beberapa hari. Dalam video yang beredar, Ratu Elizabeth II disambut dengan tari dan kesenian tradisional Bali. Ratu Elizabeth II juga sempat beristirahat di Istana Tampaksiring Bali.

Baca Juga:
Pasangan Ini Beli Apartemen Rp 18,8 M di Kapal Pesiar demi Anak Bisa Lihat Dunia

Setelah itu, Ratu Elizabeth kembali ke Jakarta menggunakan kapal pesiar. Rombongan berlabuh di Tanjung Priok. Sesampainya di Tanjung Priok, Ratu Elizabeth II disambut Wakil Presiden Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Dikabarkan, Ratu Elizabeth II tutup usia pada Kamis (8/9/2022) pukul 12.32 siang waktu setempat.

Baca Juga:
Ratu Elizabeth II Pilih Pedang untuk Potong Kue: Begini Lebih Tidak Biasa

Sebelumnya Istana Buckingham menyatakan kondisi kesehatan ratu memburuk pada Kamis pagi. Dokter khawatir dengan kesehatan ratu dan merekomendasikan pengawasan medis untuknya.

Pada saat itu, Ratu Elizabeth II tengah berada di Kastil Balmoral, Skotlandia. Pengumuman mengatakan ratu nyaman berada di sana.

Namun setelah pengumuman dirilis, seluruh anak dan cucu diminta datang ke Balmoral. Mereka diterbangkan dengan Royal Air Force KRF23F.

Istana Buckingham sendiri mengumumkan kematian Elizabeth di Twitter. Ini sekitar 18.30 waktu setempat.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," cuit pengumuman itu.(fh/sumber:detik)