Ternyata Ini Alasan Pilot Lebih Memilih Terbang dengan Pesawat Penumpang ketimbang Kargo

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 24/Sep/2022 10:14 WIB
Pilot cantik asal Thailand, Capt. April Evelyn (Foto: Instagram/@aprilevelyn) Pilot cantik asal Thailand, Capt. April Evelyn (Foto: Instagram/@aprilevelyn)

BeritaTrans.com - Ternyata ini alasan pilot lebih memilih terbang dengan pesawat berpenumpang ketimbang kargo. Seorang pilot memiliki tanggung jawab menerbangkan pesawat beserta penumpangnya tiba ke tempat tujuan dengan selamat.

Dari ribuan maskapai berpenumpang yang ada di dunia, ternyata pilot lebih memilih terbang dengan membawa penumpang ketimbang maskapai kargo. Padahal asal tahu saja, berdasarkan pengakuan para pilot, terbang dengan kargo gajinya lebih besar ketimbang maskapai penumpang lho! Lantas apa alasannya?

Baca Juga:
Tabrakan 2 Pesawat Temput Ukraina, 3 Pilot Tewas

Profesionalisme tentu dituntut banyak maskapai penerbangan yang ada di dunia terhadap para pilotnya. Melansir dari Quora, sebuah pertanyaan tentang alasan pilot lebih memilih terbang dengan maskapai penumpang ketimbang kargo memunculkan jawaban yang beragam.

Preferensi pekerjaan hanya dapat digeneralisasikan. Pilot maskapai umumnya berharap memiliki sedikit kendali atas kemana ia akan pergi.

Baca Juga:
Viral! Pilot SpiceJet Bikin Penumpang Terpingkal dengar Pidatonya Jelang Penerbangan

Siklus perekrutan pilot sangat berbeda. Pilot yang suka terbang di malam hari akan membawanya menjadi pengangkut kargo, sementara siang hari didominasi oleh pesawat penumpang.

Bagi seorang pilot, satu perbedaan besar antara pilot pesawat penumpang dan pilot pesawat kargo adalah pada daftar terbang. Akan terlihat berbeda jika Anda membandingkan daftar pilot yang mengoperasikan penerbangan kargo dan pilot lain yang mengoperasikan penerbangan penumpang.

Baca Juga:
Pilot India Dilarang Terbang Gegara Ngopi di Kokpit

Penerbangan penumpang biasanya point-to-point, sehingga meskipun pilot terbang ke kota yang jauh dari rumah, tugas selanjutnya adalah penerbangan pulang.

Sementara untuk penerbangan kargo memiliki banyak persinggahan untuk mengambil lebih banyak kargo. Jadi, ketika pilot mengoperasikan penerbangan ke benua lain, pilot akan turun dan penerbangan diambil alih oleh orang lain.

Pilot bisa beristirahat beberapa hari, namun belum bisa pulang. Pilot penerbangan kargo masih harus terbang ke kota lain sebelum seseorang kembali mengambil alih tugasnya. Ini akan berlangsung beberapa kali sebelum mendaftar penerbangan kembali ke rumah.       (ny/Sumber:Okezone.com)