Ini Dia 15 Rute Batik Air yang Langsung dari Jakarta Halim Perdanakusuma

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 26/Okt/2022 13:01 WIB
Foto/dok. Batik Air Foto/dok. Batik Air

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Batik Air menjelaskan layanan penerbangan maskapai dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta (HLP), Jakarta.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan pihaknya telah menyediakan layanan penerbangan rute langsung dari HLP menuju ke 15 kota pergi pulang (PP).

Baca Juga:
Batik Air Buka Penerbangan Tanpa Transit Jogja-Kuala Lumpur, Ini Jadwalnya!

"Operasional tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan serta berpedoman protokol kesehatan," ujar dia lewat keterangan tertulis pada Selasa (25/10/2022).

Layanan penerbangan tersebut, kata Danang, sebagai salah satu dukungan kemudahan jaringan penerbangan langsung dan saling terhubung (connecting flight). Selain itu juga bisa mempermudah perjalanan udara bagi masyarakat, pebisnis dan wisatawan; dan melengkapi pilihan jaringan penerbangan serta berkontribusi terhadap pemulihan perekonomian daerah dan nasional.

Baca Juga:
Garuda Terbangkan Bantuan Kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia ke Pakistan Melalui Bandara Halim

"Layanan penerbangan akan disesuaikan kebutuhan permintaan pasar dan dikembangkan secara bertahap untuk rute lama yang diterbangi kembali (re-operate) dan rute baru (new route)," ucap Danang.

Berikut rute penerbangan langsung dari HLP menuju ke 15 kota:

Baca Juga:
Mulai 1 September, Citilink Kembali Terbang di Bandara Halim

1. Jakarta-Bengkulu (BKS)

Layanan tersebut mulai efektif berjalan pada 28 Oktober 2022. Dengan frekuensi satu kali per hari/ tujuh kali per minggu. Terkoneksi ke Palembang, Batam, Tanjung Karang, dan kota lainnya.

2. Jakarta-Makassar (UPG)

Frekuensi penerbangan hanya satu kali per hari/ tujuh kali per minggu. Terkoneksi ke Ambon, Balikpapan, Biak, Denpasar, Gorontalo, Jayapura, Kendari, Manado, Manokwari, Merauke, Palu, Sorong, Surabaya, Tarakan, Ternate, Timika, Banjarmasin, Batulicin, Bau-Bau, Bima, Kolaka, Kotabaru, Lombok, Luwuk, Mamuju, Maumere, Morowali, Palopo, Poso, Raha, Selayar dan Tana Toraja.

3. Jakarta-Balikpapan (BPN)

Frekuensi penerbangan hanya satu kali per hari/ tujuh kali per minggu. Terkoneksi ke Banjarmasin, Berau, Malinau, Palu, Tanjung Selor, Tarakan, Makasssar, Tana Toraja, Palangkaraya dan kota tujuan lain.

4. Jakarta-Samarinda (AAP)

Frekuensi penerbangan hanya satu kali per hari/ tujuh kali per minggu. Terkoneksi ke Surabaya, Makassar, Berau, Malinau, Tanjung Selor, Tarakan dan kota lainnya.

5. Jakarta-Tanjung Karang, Lampung (TKG)

Frekuensi penerbangan hanya satu kali per hari/ tujuh kali per minggu. Terkoneksi ke Bandung, Batam, Bengkulu, Jambi, Medan–Kualanamu, Palembang dan kota tujuan lain.

6. Jakarta-Palembang (PLM)

Frekuensi penerbangan hanya lima kali per hari/ 35 kali per minggu. Terkoneksi ke Pangkalpinang, Tanjung Pandan, Batam, Jambi, Pekanbaru dan destinasi lainnya.

7. Jakarta-Padang

Frekuensi penerbangan hanya dua kali per hari/ 14 kali per minggu. Terkoneksi ke Batam, Jambi, Palembang dan destinasi lainnya.

8. Jakarta-Pekanbaru (PKU)

Frekuensi penerbangan hanya satu kali per hari/ tujuh kali per minggu. Terkoneksi ke Batam, Letung Anambas, Natuna, Palembang, Jambi, Medan, Banda Aceh, Lhoksumawe, Meulaboh dan kota-kota lainnya.

9. Jakarta-Medan Kualanamu (KNO)

Frekuensi penerbangan hanya lima kali per hari/ 35 kali per minggu. Terkoneksi ke Banda Aceh, Gunung Sitoli, Lhokseumawe, Meulaboh, Padang, Pekanbaru, Sibolga, Simeulue, Takengon, Batam, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Penang, Kuala Lumpur, Singapura dan destinasi lainnya.

10. Jakarta-Yogyakarta Kulonprogo (YIA)

Frekuensi penerbangan hanya empat kali per hari/ 28 kali per minggu. Terkoneksi ke Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Bengkulu, Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Bali, Lombok, Surabaya dan destinasi lainnya.

11. Jakarta-Solo Surakarta (SOC)

Frekuensi penerbangan hanya satu kali per hari/ tujuh kali per minggu. Terkoneksi ke Denpasar, Kupang dan destinasi lainnya.

12. Jakarta-Surabaya (SUB)

Frekuensi penerbangan hanya enam kali per hari/ 42 kali per minggu. Terkoneksi ke Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Bengkulu, Makassar, Bali, Lombok, Kupang, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Manado, Timika, Pangkalan Bun, Sampit, dan destinasi lainnya.

13. Jakarta-Semarang (SRG)

Frekuensi penerbangan hanya dua kali per hari/ 14 kali per minggu. Terkoneksi ke Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Bengkulu, Pangkalan Bun, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan destinasi lainnya.

14. Jakarta-Malang (MLG)

Frekuensi penerbangan hanya dua kali per hari/ 14 kali per minggu. Terkoneksi ke Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Bengkulu dan destinasi lainnya.

15. Jakarta-Bali (DPS)

Frekuensi penerbangan hanya tiga kali per hari/ 21 kali per minggu. Terkoneksi ke Medan-Kualanamu, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Bengkulu, Makassar, Bali, Lombok, Kupang, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Manado, Timika, Bima, Ende, Kupang, Labuan Bajo, Lombok, Maumere, Semarang, Solo, Tambolaka, Waingapu, Kuala Lumpur, Brisbane, Melbourne, Perth dan destinasi lainnya.

Adapun untuk pengalaman terbang, Danang menambahkan rute dari dan menuju Jakarta, Halim Perdanakusuma dipersiapkan jenis pesawat generasi modern dan baru yang dikirim dari pabrikan pesawat. Diantaranya adalah Airbus A320 (12 kursi kelas bisnis dan 144 kursi kelas ekonomi) dan Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 156 kelas ekonomi).

Setiap penumpang, kata Danang, mendapatkan makanan dan minuman (inflight meals); gratis bagasi 20kg untuk kelas ekonomi dan 30kg kelas bisnis; dilengkapi hiburan gratis inflight entertainment on demand yang diakses dari perangkat handphone dan tablet didukung oleh Tripper.(fhm)