Wakil Ketua KPK Alexander Marwata Usul Kepala Daerah Ditunjuk Langsung

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 16/Des/2022 09:42 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata.  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata. 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menghadiri Rapat Koordinasi dan Supervisi Pemberantasan Korupsi 2022 Wilayah DKI Jakarta di Kantor Gubernur DKI Jakarta, Kamis (15/12/2022). 

Dalam kesempatan itu, dia mengusulkan agar ke depannya kepala daerah ditunjuk langsung oleh presiden. Dia menilai sistem penunjukan langsung kepala daerah tersebut lebih efektif. 

"Saya senang ditunjuk langsung Pj Gubernur. Mudah-mudahan ini benar-benar enggak ada beban pengembalian dana dan sebagainya, melakukan evaluasi dan fokus aja, itu harapan kami," ujar pria yang akrab disapa Alex ini. 

"Bisa jadi nanti kalau sudah dua tahun itu ternyata kepala daerah yang ditunjuk langsung, itu lebih efektif, kenapa enggak kita ubah," sambungnya. 

Dia berpendapat bahwa tidak ada yang salah jika rakyat mengusulkan perubahan pola atau sistem dalam pemilihan kepala daerah. Sebab, Alex menganggap penunjukan kepala daerah oleh presiden tidak banyak makan biaya. 

"Kalau rakyat itu melakukan perubahan kenapa tidak, kan gitu. Daripada bolak balik kita. Pilkada hasilnya enggak karuan, ngapain juga habisin duit hasil enggak jelas," ungkapnya. 

Alex mengaku prihatin karena banyak kepala daerah yang terjerat perkara korupsi. Bahkan, Alex mengaku kaget saat mengecek harta kekayaan kepala daerah. Pasalnya, tak sedikit kepala daerah yang ternyata juragan tanah. 
"Saya cek itu wah bidang tanahnya 20-25, waras enggak sih kita ini? Waras enggak kita ini? kan gitu. Buat apa punya rumah sampai puluhan bidang, tanah puluhan bidang buat apa," katanya. (ds/sumber Sindonews.com)