Kapibara Hewan Pengerat dapat Julukan `Masbro`, Bikin Antusiasme Pengunjung Ragunan Meningkat

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 18/Feb/2023 18:36 WIB
Kapibara di Taman Margasatwa Ragunan (Rumondang/detikcom) Kapibara di Taman Margasatwa Ragunan (Rumondang/detikcom)

Jakarta (Beritatrans.com) - Pengelola Taman Margasatwa Ragunan (TMR) mengatakan terdapat peningkatan antusiasme pengunjung yang hendak melihat hewan pengerat yang tengah viral di media sosial, kapibara. Hewan pengerat itu sampai memiliki panggilan sendiri dari warganet, yakni 'masbro'.

"Pengunjung kita jadi antusias ya, pengin melihat kapibara itu kayak apa. Barusan juga banyak banyak yang nanya kandang kapibara di mana," kata staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, saat ditemui di Pusat Informasi TM Ragunan, Sabtu (18/2/2023).

Ia mengaku mulanya tak menyadari tiba-tiba banyak pengunjung yang bertanya tentang kapibara. Belakangan, kata dia, pihaknya baru mengetahui mamalia itu tengah eksis di jagat maya

"Kita baru sadar juga, oh ternyata ini ada kaitannya dengan sesuatu yang viral di sosial media ya," ungkapnya.

Bambang menyebutkan terdapat tiga spot kadang kapibara di TM Ragunan. Adapun total keseluruhannya sebanyak 22 ekor.

"Populasi kapibara di ragunan ada 22 ekor di tiga lokasi. Di sisi timur dekat samping kandang anoa, di tengah samping kandang beruang dan singa Afrika, satu lagi di sebelah barat itu dekat kandang gajah," jelasnya.

"Ini suatu momen yang bagus, mungkin lewat kapibara ini masyarakat mulai terbangun rasa kesadaran konservasinya. Walaupun kalau kita bilang kapibara itu bukan satwa yang langka, karena populasinya cukup banyak di beberapa kebun binatang," tambahnya.

Dikenal sebagai Hewan Friendly
Meme kapibara memang banyak beredar di medsos. Hewan ini diberi panggilan 'masbro' oleh warganet karena sosoknya yang bersahabat dengan hewan lain, bahkan predator.

Perangai kapibara yang membedakan dengan hewan lain yang paling mencolok adalah sifatnya yang santai (chill). Meme kapibara yang dibuat warganet banyak yang dikaitkan dengan karakter kapibara yang ramah, tenang, dan banyak teman.

"Dia friendly, friendly banget, nggak agresif. Jadi sama kita sama perawatnya, sama orang lain yang baru-baru di sini dia bersahabat, nggak agresif," ujar Trio Prasetio (42), perawat kapibara TM Ragunan.

"Awalnya mungkin sekilas kita melihat ngeri, serem, giginya panjang. Tapi setelah interaksi, nggak. Ternyata dia hewan yang ikatan kelompoknya kuat. Udah gitu, interaksi sama sekitarnya juga relatif baik," tambahnya.
(ny/Sumber:detik.com)

Baca Juga:
Taman Margasatwa Ragunan Dibuka Lagi: Pengunjung Diminta Perhatikan 5 Poin Penting Ini, Warga Luar DKI Tunggu 30 Mei