Taman Margasatwa Ragunan Dibuka Lagi: Pengunjung Diminta Perhatikan 5 Poin Penting Ini, Warga Luar DKI Tunggu 30 Mei

  • Oleh : Dirham

Kamis, 20/Mei/2021 10:22 WIB
Asyiknya Liburan di Ragunan. Asyiknya Liburan di Ragunan.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Taman Margasatwa Ragunan (TMR) saat ini mulai beroperasi lagi, setelah 16 Mei 2021 lalu sempat ditutup karena khawatir menimbulkan kerumunan.

Setelah dibuka kembali, wisatawan bisa menghabiskan waktu liburan di TMR, bersama keluarga atau teman-teman. Selain memberikan pelayanan baik, harga tiketnya pun sangat terjangkau, yaitu Rp4.000 saja.

Selain itu, Anda juga bisa melihat aneka satwa menarik serta menikmati sejuknya udara karena TMR ditumbuhi pepohonan rindang.

Akan tetapi jika Anda ingin mengunjungi Ragunan, perlu memerhatikan lima hal berikut ini. Mengingat masih dalam suasana pandemi, maka protokol kesehatan (prokes) harus ditaati.

Berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (19/5/2021).

Sebelum bepergian ke Ragunan untuk berwisata, pastikan tubuh dalam keadaan sehat. Konsumsi makanan sehat, dan vitamin agar tubuh saat liburan tetap fit serta imunitasnya tinggi, sehingga terhindar dari penyakit.

Patuhi Prokes Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah mengimbau kepada masyarakat, serta pelaku usaha wisata agar mematuhi prokes CHSE (Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan)

Begitu juga di Ragunan, Anda harus menjaga prokes CHSE. Jangan melepaskan masker, selalu membawa hand sanitizer, hingga manjauhi dan tidak membuat kerumunan.

"Kalau ada yang melanggarnya (prokes) kami langsung tegur," kata Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang saat dihubungi MNC Portal, Rabu (19/5/21).

Bawa Bekal Sendiri

Supaya menghindari jajan sembarangan, Anda dianjurkan membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Hal ini guna mencegah terinfeksi virus atau penyakit yang berasal dari jajanan yang dibeli. Saat membawa bekal sendiri, makanan dan minuman Anda akan lebih higienis.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Jangan pernah membuang sampah sembarangan. Apabila Anda membawa bekal makanan dan minuman kemasan sendiri, maka sesudahnya buang pada tempatnya.

Menjaga kebersihan sangat berpengaruh lho bagi kesehatan tubuh. Apalagi Ragunan merupakan tempat wisata yang umum didatangi oleh banyak orang.  

Khusus KTP DKI Jakarta Sementara waktu selama liburan Idul Fitri 2021 ini, TMR hanya memberlakukan kunjungan hanya dari wilayah DKI Jakarta saja sampai 30 Mei 2021.

Untuk membeli tiketnya, pengunjung bisa daftar melalui online dengan menyertakan nomor induk kependudukan (NIK), serta persyaratan lainnya. Jadi bagi Anda yang di luar DKI Jakarta, bisa menunda dulu berlibur ke Taman Margasatwa Ragunan. Sebab jika memaksakan diri untuk pergi, usaha Anda akan sia-sia. Tunggulah hingga 30 Mei 2021. (ds/sumber iNews.id)