KKP Perkuat Peran Masyarakat Jaga Kawasan Konservasi Kepulauan Mentawai

  • Oleh : Fahmi

Senin, 17/Apr/2023 05:31 WIB
Penyerahan bantuan kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Poseidon Diver Mentawai. Penyerahan bantuan kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Poseidon Diver Mentawai.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkuat peran masyarakat dalam berpartisipasi menjaga kawasan konservasi perairan di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. 

Salah satu langkahnya dengan menyerahkan bantuan kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Poseidon Diver Mentawai.

Baca Juga:
Kementerian-KP Perkuat Standar Kompetensi Pengelolaan Sidat dan Arwana

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Victor Gustaaf Manoppo menjelaskan sebagai bentuk komitmen dan dukungan KKP, bantuan KOMPAK menjadi salah satu upaya percepatan peningkatan efektivitas pengelolaan kawasan konservasi dan pengelolaan jenis ikan terancam punah dan/atau dilindungi baik di dalam maupun di luar kawasan konservasi. Hal ini selaras dengan lima program ekonomi biru KKP dalam menjaga kesehatan ekosistem laut, pemerataan pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir hingga peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat membantu sekaligus mempercepat pemantauan khususnya terumbu karang di zona inti Kawasan Konservasi Selat Bunga Laut di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang telah ditetapkan sejak tahun 2018,” ujar Victor di Jakarta.

Baca Juga:
Kementerian-KP Tetapkan 5,5 Juta Hektar Habitat Penyu Sebagai Kawasan Konservasi

Bantuan KOMPAK yang diserahkan beberapa waktu lalu nilainya mencapai Rp90 juta, terdiri dari peralatan dokumentasi seperti kamera, sea frog housing, memori penyimpanan dan peralatan selam lainnya.

Sementara itu, Plt. Kepala BPSPL Padang Rahmat Irfansyah yang hadir di lokasi serah terima, Kantor Bupati Kepulauan Mentawai, mengungkapkan bantuan ini merupakan bentuk kepercayaan pemerintah sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan sebaik mungkin.

Baca Juga:
Kementerian-KP Akan Tingkatkan Kualitas dan Jangkauan Pasar Tuna Indonesia

“BPSPL Padang tentunya akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap ketersediaan dan pemanfaatan barang bantuan,” jelas Irfan.

Poseidon Diver Mentawai merupakan kelompok masyarakat yang berbasis di Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Mentawai. Mendapatkan bantuan KOMPAK tersebut, Ketua Poseidon Diver Mentawai Velando Fabrizio berkomitmen untuk menjaga dan memanfaatkan bantuan yang diberikan KKP.

Sejalan dengan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, KKP terus mendorong kelompok penerima bantuan selalu menjadi garda terdepan dalam membangun sektor kelautan dan perikanan melalui berbagai aksi perlindungan dan konservasi.(fhm)