Naik KM Dorolonda, Pelni Angkut Gratis Ratusan Pemudik ke Batam

  • Oleh : Naomy

Senin, 17/Apr/2023 12:43 WIB
Pelepasan secara simbolis mudik gratis Jakarta-Batam dari Pelabuhan Priok Pelepasan secara simbolis mudik gratis Jakarta-Batam dari Pelabuhan Priok

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) memberangkatkan secara gratis 150 pemudik dari Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan KM Dorolonda tujuan Jakarta-Batam. 

Baca Juga:
Penumpang KM Bukit Raya Asal Pontianak Tujuan Surabaya Dialihkan Naik KM Lawit

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dengan empat perusahaan lainnya yakni PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Telkomsel, PT PLN (Persero), dan PT Angkasa Pura I dalam kegiatan "Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023". 

Selain 150 penumpang yang gratis dalam kapal tersebut juga terdapat ratusan penumpang reguler lainnya.

Baca Juga:
KM Bukit Raya Alami Insiden di Perairan Pontianak, Alhamdulillah Situasi Berhasil Dikendalikan

Pada kesempatan itu hadir Vice President Treasury Pelni Fauziah Verryna, Direktur Eksekutif Forum TJSL I Gede Arimbawa Yasa, CSR Planning & Distribution Senior Manager PT Angkasa Pura I Herriyanto, Kepala Bidang Lalu Lintas Laut Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Rudi, Kepala Cabang Pelni Jakarta Anwar Sanusi, dan Vice President Usaha Penumpang Non Komersial Pelni Presda Simangasing. 

“Sebagai BUMN transportasi laut, kami merasa bangga diberikan kepercayaan untuk dapat melayani masyarakat melalui Mudik Gratis BUMN untuk balik kampung dan merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama sanak keluarga. Kami juga ingin berterima kasih kepada Kementerian BUMN dan Forum TJSL BUMN selalu PIC Mudik Bersama BUMN 2023 karena memilih moda transportasi laut sebagai armada pilihan dalam pelayanan mudik gratis tahun ini,” ujar Vice President Treasury Pelni Verryna. 

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

Verryna merinci, pada tahun ini kuota tersedia sebanyak 1.128 penumpang dalam kegiatan Mudik Gratis BUMN 2023 menggunakan kapal Pelni yang diikuti oleh empat perusahaan yakni Pelindo, Pelni, PLN Makassar, dan Angkasa Pura I. 

Menurutnya, 1.128 penumpang tersebut akan dilayani oleh enam armada kapal yang tersebar ke berbagai rute antara lain:
1. KM Ciremai, rute Tanjung Priok-Sorong dan Tanjung Priok-Ambon
2. KM Kelimutu, rute Kumai-Surabaya dan Kumai-Semarang
3. KM Tidar, rute Makassar-Namlea dan Makassar-Ambon
4. KM Kelud, rute Batam-Belawan
5. KM Dorolonda, rute Tanjung Priok-Batam dan Makassar-Surabaya
6. KM Lambelu, rute Makassar-Bau Bau

Kemudian, untuk melayani angkutan Lebaran pada tahun ini, Pelni mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan 42 kapal perintis. 

Seluruh kapal Pelni juga telah dilengkapi dengan alat-alat keselamatan yang memadai. 

Pada kapal Pelni pun tersedia berbagai fasilitas umum yang dapat dinikmati para penumpang selama perjalanan, ada tempat ibadah (mushola), toko kapal, cafetaria, hingga poliklinik. Seluruh kru kapal juga standby 24 jam.

“Kami berharap dapat memberikan pengalaman yang baik bagi para pemudik. Mereka pun dapat pulang kampung halaman dengan aman dan nyaman,” katanya. (omy)