Yes, Ditjen Hubdat Sulap 7 UPPKB sebagai Tempat Istirahat Pemudik

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 21/Apr/2023 20:01 WIB
Salah satu UPPKB Ditjen Hubdat Salah satu UPPKB Ditjen Hubdat

 

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Yes, demi menunjang keselamatan para pemudik khususnya pengguna motor di jalur arteri, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menyiapkan tujuh Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB/Jembatan Timbang) disulap dialihkan sementara fungsinya sebagai rest area (tempat istirahat). 

Baca Juga:
Sampaikan Belasungkawa Kecelakaan di Ciater, Ditjen Hubdat: Uji Berkala Bus Trans Putera Fajar Kadaluarsa!

Pemberlakuan UPPKB sebagai rest area ini yakni selama masa mudik dan balik Angkutan Lebaran pada 15-30 April 2023.

“Kami menyiapkan tujuh UPPKB sebagai tempat istirahat bagi para pemudik yang akan melakukan perjalanan yaitu di Balonggandu Karawang, Losarang Indramayu, Tanjung Brebes, Subah Batang, Gentong Tasikmalaya, Ajibarang Banyumas, dan Cikande Serang,” ujar Pitra Setiawan, Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Jumat (21/04/2023).

Baca Juga:
Sesditjen Hubdat Bersama Komisi V DPR Tinjau Terminal Tipe A Purboyo

Hingga 20 April 2023 kemarin, ketujuh UPPKB tersebut telah melayani 1.858 pemudik dengan rincian:

Rest Area Cikande: 19 orang
Rest Area Losarang: 1.328 orang
Rest Area Balonggandu: 29 orang
Rest Area Tanjung: 272 orang
Rest Area Subah: 47 orang
Rest Area Ajibarang: 114 orang
Rest Area Gentong: 49 orang

Baca Juga:
Animo Masyarakat Tinggi, Ditjen Hubdat Siapkan 722 Bus dan 30 Truk untuk Mudik Gratis Lebaran 2024

“Lonjakan pengunjung rest area terjadi pada tanggal 19 hingga 20 lalu yang ditandai dengan lonjakan pengguna rest area dibandingkan hari sebelumnya. Misalnya di Losarang pada 19 terdapat 462 pengunjung dan pada tanggal 20 mencapai 494 pengunjung atau 6% lebih banyak dari hari sebelumnya,” urainya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh pemudik terutama yang melintas di jalan arteri agar tetap berhati-hati dalam berkendara untuk meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan di jalan. 

Bagi para pemudik dengan motor pun diminta untuk memperhatikan barang bawaannya agar tetap ringkas dan tidak berlebihan, sehingga tidak membahayakan bagi pengemudi dan pengguna kendaraan lainnya.

“Di Ajibarang berdasarkan hasil laporan tim yang bertugas saat ini tercatat sudah dua kejadian kecelakaan di sekitar rest area Ajibarang yaitu pada 20 April pukul 00.30 WIB, melibatkan dua mobil di depan rest area tanpa korban luka/jiwa, kemudian pukul 12.17 WIB kecelakaan tunggal R2 dengan satu korban luka dan telah ditindaklanjuti personel UPPKB berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat,” beber Pitra.

Dia menambahkan, di rest area UPPKB juga disediakan pos kesehatan yang siap melayani pemudik sehingga jika pengemudi kelelahan atau bila ada kecelakaan di sekitar UPPKB dapat segera ditangani lebih lanjut. 

Selain pos kesehatan, fasilitas lain yang disiapkan di rest area UPPKB antara lain toilet, mushola, tempat istirahat, hiburan karaoke, makanan ringan dan minuman, perpustakaan mini, dan tempat bermain anak.  (omy)