Profil Marsda Donald Kasenda, Jenderal Bintang Dua yang Jabat Panglima Komando Operasi Udara III

  • Oleh : Dirham

Kamis, 11/Mei/2023 09:49 WIB
Marsekal Muda Donald Kasenda merupakan Panglima Komando Operasi Udara III.  Marsekal Muda Donald Kasenda merupakan Panglima Komando Operasi Udara III. 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Marsekal Muda Donald Kasenda merupakan Panglima Komando Operasi Udara III. Jabatan tersebut disematkan setelah terkena mutasi pada 16 Januari 2023 kemarin. 

Dilansir dari laman TNI AU , Marsma TNI Donald Kasenda secara resmi menjabat sebagai Pangkoopsud III menggantikan Marma TNI Age Wiraksono.

Secara tidak langsung, pangkat Donald Kasenda mengalami kenaikan, dari yang sebelumnya Marsekal Pertama menjadi Marsekal Muda. 

Donald Kasenda lahir pada 8 Oktober 1970. Ia mulai menjalani karier di militer setelah lulus dari Akademi Angkatan Udara pada 1991. Setelah itu, pria asal Minahasa, Sulawesi Utara ini sempat melanjutkan pendidikan di Sekolah Penerbang (Sekbang) dan lulus pada 1994. 

Kemudian Donald mengikuti Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara hingga selesai pada tahun 2000. Pendidikannya terus dilanjutkan sampai lulus Seskoad pada 2005. 

Tidak sampai situ, Donald juga sempat mengenyam pendidikan di Malaysian Armed Forces Staff College/Maktab Turus Angkatan Tentera, Malaysia hingga selesai pada 2007. 

Untuk riwayat jabatannya sendiri, Donald tercatat pernah mengemban tugas sebagai Komandan Skadron Udara 2 di tahun 2009. Sampai pada tahun 2012, dia dipindahkan untuk menjadi Atase Pertahanan RI di Belanda. 

Setelah lulus dari Sesko TNI di tahun 2016, dirinya sempat dipercaya untuk menjadi Paban 2 Hubungan Internasional Sintel Mabes TNI di tahun 2017. Lalu pada tahun 2019, jabatannya kembali berubah, kini menjadi Kadispamsanau. 

Donald sempat juga mengisi posisi Komandan Lanud Manuhua pada tahun 2021. Sampai pada tahun 2021, dia dipindahkan untuk menjadi Kaskoopsud III, dan masih di tahun yang sama dirinya sempat menjadi Waasops Kasau. 

Tak berselang lama menjadi Wakil Asisten Operasi Kasau, Donald kembali dimutasi untuk menjadi Wakil Asisten Intelijen Panglima TNI hingga awal tahun 2023. 

Barulah di Januari 2023 ini Donald Kasenda secara resmi menjabat sebagai Pangkoopsau III bersama dengan kenaikan pangkatnya menjadi jenderal bintang dua. (ds/sumber Sindonews.com)