Agar Masyarakat Taat Pajak, Jasa Raharja Bersama Bapenda dan Satlantas Polres Cirebon Gelar Pemeriksaan PKB

  • Oleh : Bondan

Kamis, 08/Jun/2023 09:14 WIB
Foto: istimewa. Foto: istimewa.

CIREBON (BeritaTrans.com) -- Untuk memaksimalkan pendapatan dan menyadarkan masyarakat taat pajak, Tim Pembina Samsat Wilayah Cirebon Kota bersama Jasa Raharja Perwakilan Cirebon dan Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota pada hari Kamis (8/6/2023) pukul 10.00 WIB, menggelar kegiatan operasi gabungan di Alun-Alun Kota Cirebon. 

Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, M Ardi Wibowo Mengatakan bahwa operasi gabungan ini merupakan salah satu upaya dari Samsat Kota Cirebon untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Baca Juga:
Gelar Road Safety Ranger Kids, Jasa Raharja Edukasi Anak-Anak dengan Keselamatan Lalu Lintas

“Targetnya adalah kendaraan roda dua dan empat yang pajaknya belum dibayar atau menunggak, makanya dilakukan operasi gabungan agar masyarakat meningkat kesadarannya dalam pemenuhan kewajibannya untuk membayar PKB,” kata Adun, disela- sela pelaksanaan razia gabungan tersebut. 

Untuk memudahkan para wajib pajak, Samsat Pangandaran juga telah menyediakan mobil Samsat Keliling untuk melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor langsung di tempat tersebut.

Baca Juga:
Jasa Raharja Bersama Korlantas Polri Gelar Supervisi Pelayanan STNK dan TNKB di Kepulauan Riau

Dalam kegiatan tersebut Petugas Jasa Raharja Samsat Cirebon Kota, Ghani Hanafi juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang adanya jaminan Jasa Raharja apabila terjadi laka lantas, dan memberikan informasi mengenai prosedur pengajuan santunan, serta mengedukasi masyarakat bahwa jaminan dan santunan Jasa Raharja tersebut berasal dari pembayaran SWDKLLJ.

Di tempat terpisah Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Cirebon, Danny Firnando mengatakan, bahwa melalui operasi gabungan bersama mitra ini, Jasa Raharja juga berkesempatan memberikan penjelasan secara langsung kepada masyarakat yang terjaring operasi gabungan mengenai fungsi dan peran Jasa Raharja.

Baca Juga:
Jasa Raharja Cirebon Giat Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas di SMK Isda Babakan

“Jasa Raharja memiliki tugas pokok yaitu memberikan perlindungan dasar kepada korban kecelakaan lalu lintas dengan menghimpun dan mengelola dana dari masyarakat yaitu Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ),” pungkasnya. (Dan)