Bertambah 8, Jumlah Jemaah Haji Wafat Tahun Ini Capai 79 Orang

  • Oleh : Dirham

Sabtu, 17/Jun/2023 17:29 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

MEKAH (BeritaTrans.com) - Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, jumlah jemaah haji yang wafat di Arab Saudi bertambah 8 orang. Dengan demikian, total jemaah yang wafat pada tahun 2023 sebanyak 79 orang.

Koordinator Media Center Haji (MCH) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat, Dodo Murtado merinci, jumlah jemaah haji yang wafat di Mekkah sebanyak 45 orang, di Madinah sebanyak 31 orang, dan di Jeddah sebanyak 3 orang.

Baca Juga:
Jemaah Haji Meninggal di Madinah Bertambah Menjadi 5 Orang

"Sampai hari ini, total jemaah yang wafat di Arab Saudi sebanyak 79 orang. Sesuai ketentuan, Jemaah yang wafat akan dibadalhajikan," kata Dodo dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (17/6/2023).

Adapun 8 jemaah yang meninggal tersebut, yaitu Prajitno Kasandimuljo Proyo (usia 78) asal kloter SUB 02, Hamdani Nisan Bungkel (usia 74) asal kloter JKG 10, Hadi Hidayat Nirwana (usia 63) asal JKS 20, dan Hindi Munawaroh Sukeni (usia 67) asal SUB 08.

Baca Juga:
KJRI Jeddah Amankan 127 Paspor Jemaah Haji dan Umrah yang Wafat di Arab Saudi

Lalu, Eddy Riana Sobar (usia 79) asal kloter JKS 17, Abdul Rosyid Lubis Mahmudin (usia 56) asal JKG 22, Suwarso Damid Tarhad (usia 68) asal JKG 31, dan Subani Firdaus Samad Thaha (usia 62) asal BTH 08.

Sedangkan, jumlah jemaah sakit di Madinah yang dirujuk sebanyak 37 orang.

"Dengan rincian, jemaah yang rawat jalan di KKHI Madinah sebanyak 5 orang, rawat inap di KKHI (Kantor Kesehatan Haji Indonesia) Madinah sebanyak 6 orang, dan rawat inap di RSAS sebanyak 26 orang," beber Dodo.

Baca juga: Arbain Tak Genap 40 Waktu, Jemaah Haji Diimbau Lakukan Jamak Taqdim

Sementara itu, jumlah jemaah sakit di Mekkah yang dirujuk sebanyak 295 orang.

Sama seperti di Madinah, jemaah sakit di Mekkah ini ada yang menjalani rawat jalan dan rawat inap di KKHI Mekkah, ada pula di rumah sakit Arab Saudi.

"Rawat jalan di KKHI Mekkah sebanyak 72 orang, rawat inap di KKHI Mekkah sebanyak 151 orang, dan rawat Inap di RSAS sebanyak 72 orang," jelas Dodo.

Sebelumnya, Kemenag mengimbau jemaah lansia dan berisiko tinggi untuk menghemat tenaga.

Jemaah lansia harus menjaga kesehatannya, dan tidak memaksakan diri shalat berjemaah lima waktu di Masjidil Haram.

Jemaah, bisa memanfaatkan mushala atau masjid di sekitar hotel. Salat di mushala dan masjid di sekitar hotel memiliki keutamaan dan pahala yang sama. (ds/sumber Kompas.com)

Tags :