Bandara Kenyam di Nduga Papua Diserang KKB, 5 Tembakan Dilepaskan

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 23/Jun/2023 13:00 WIB
Bandara Kenyam, Nduga, Papua. Bandara Kenyam, Nduga, Papua.

PAPUA (BeritaTrans.com) - Satgas Kopasgat Pos Kenyam di Bandara Kenyam, Nduga, Papua Pegunungan, diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Kamis (22/6).

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo mengatakan aksi penembakan terjadi sekitar pukul 09.45 WIT saat dua tim Satgas Kopasgat hendak melakukan pengamanan di Bandara Kenyam.

"Pada saat 1 tim menuju ke lokasi area landasan tiba-tiba terdengar lima kali bunyi tembakan dari arah jam 12 pos Pam Bandara," ujar Benny dalam keterangan tertulis, Jumat (23/6).

Setelah itu, Benny menyebut personel Satgas Kopasgat langsung melepaskan tembakan balasan dan mengejar pelaku. Dia memastikan tidak ada korban jiwa buntut aksi penembakan itu.

"Aparat gabungan TNI-Polri langsung melakukan pengejaran di sekitaran area Kwari, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," katanya.

Benny mengatakan pengejaran terhadap para pelaku masih dilakukan hingga Jumat ini. Ia mengatakan situasi di Bandara Kenyam telah kembali kondusif.

"Sampai saat ini aparat gabungan masih melaksanakan siaga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi kembali," tuturnya.

Sementara itu, Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani menilai, aksi penyerangan dilakukan KKB dalam rangka menunjukkan eksistensi seusai Edison Gwijangge dilantik menjadi Pj Bupati Nduga.

"Pelakunya diduga mereka (KKB) yang berbasis di Nduga, mereka cari perhatian karena ada Pj Bupati yang baru," katanya. (ds/sumber CNNIndonesia.com)